Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Film Drama Terbaik yang Mengubah Karakter II

Kompas.com - 08/02/2011, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika sebelumnya saya sudah mengulas dua film pendahulu dari 10 film terbaik yang mengubah karakter, maka postingan ini adalah lanjutannya. Tulisan ini didahului oleh dua film terbaik berjudul A Walk To Remember dan I Am Sam yang mendapat sambutan positif dari banyak pembaca.

Penulis juga banyak mendapat masukan mengenai film-film yang patut di-review dan dimasukkan dalam daftar 10 Film Terbaik yang Mengubah Karakter ini. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada banyak film berkualitas yang ditayangkan di seluruh dunia, tetapi karena judulnya sepuluh, maka hanya sepuluh saja yang dimasukkan dan mohon maaf nanti kiranya ada film favorit pembaca yang tidak dimasukkan.

3 My Sisters Keeper Di posisi ketiga dalam daftar urutan 10 Film Drama Terbaik yang Mengubah Karakter ada film yang dibintangi oleh Cameron Diaz yang berjudul My Sisters Keeper.

Film ini benar-benar mengharu biru, tatkala Sara Fitzgerald diperankan oleh Cameron Diaz, seorang ibu dan pengacara yang sukses harus berada di posisi tersulit dalam hidupnya, merelakan Kate pergi karena direnggut leukimia atau harus mengorbankan putri kecilnya, Anna, yang memiliki struktur tulang sempurna untuk Kate. Sebenarnya Sara tahu mengorbankan Anna demi Kate adalah tindakan terburuk yang pernah dilakukan oleh orangtua terhadap anak, tetapi Sara harus melaksanakan itu agar nyawa putrinya, Kate selamat dari leukimia.

Tindakan Sara Fitzgerald yang terkesan kejam dan tidak mengenal logika mendapat perlawanan dari anaknya sendiri, Anna Fitzgerald, yang diperankan oleh aktris cilik Abigail Breslin.

Anna pada akhirnya harus menyewa pengacara top yang mengidap penyakit ayan untuk melawan tindakan ibunya melalui jalur hukum tentu ini menjadikan Sara berang dan menyalahkan siapa pun yang membela keputusan Anna.

Untungnya, Anna mempunyai ayah yang baik dan pengertian yang mampu memahami keputusannya.

Penampilan Cameron Diaz benar-benar total dan bahkan seperti berada di performa keemasannya. CamDi berani membabat habis rambutnya untuk membuktikan bahwa dia serius di film ini. Cerita tentang hak anak pada orangtua ini mengajarkan, bagaimanapun besarnya cinta orangtua pada anak, harus tunduk pada kehendak Tuhan.

4. Freedom Writers Penampilan yang tidak kalah hebat datang dari aktris peraih Oscar, Hillary Swank dalam film berjudul Freedom Writers. Walaupun film ini sempat dituduh sebagai propaganda Yahudi, tetapi penulis menampik hal tersebut karena maksud dan tujuan dari film ini tak lain dan tak bukan adalah mengubah perilaku barbar yang tidak mengenal masa depan dalam kelas menjadi lebih beradab dan percaya nasib masa depan bias diubah.

Film ini bercerita tentang seorang guru baru bernama Erin Gruwell (Hilary Swank) yang mengajar di sekolah Wodrow Wilson High School. Semangat dan dedikasinya mengajar harus terbentur pada realita di kelas yang sudah dicederai oleh tradisi perang antargeng dan eksistensi ras. Letupan sedikit saja yang terjadi di kelas, bisa memicu kericuhan yang berakhir dengan kematian. Menyadari realita ini, Erin harus berjuang mati-matian merelakan sebagian besar waktu, dana, dan tenaga untuk menyelamatkan anak-anak didiknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com