Kritikus Film London Jagokan "The Social Network"

Kompas.com - 11/02/2011, 14:40 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LONDON, KOMPAS.com -- Kalangan kritikus film di London (The London Film Critics) telah menganugerahi film The Social Network  sebagai Film of the Year 2010 dan berhak atas penghargaan Circle Awards ke-31. Dalam acara yang diumumkan Kamis (10/2/2010) itu,  para kritikus juga mengganjar David Fincher sebagai Sutradara Terbaik, Andrew Garfield sebagai Aktor Pemeran Pembantu Terbaik dan Penulis Skenario Terbaik untuk Aaron Sorkin.

Menyusul penobatan tersebut, persaingan di ajang Academy Awards 2011 makin memanas. Hanya The Social Network  dan The King's Speech, yang belakangan mendulang banyak penghargaan.  Namun, hal tersebut belum tentu memberi jaminan. Black Swan, film yang dibintangi Natalie Portman, juga tak kalah digadang-gadang oleh sejumlah pengamat. Pun, dengan film Inception dan The Fighter.

Selain The Social Network, para kritikus London pun menaruh harapan kepada The King's Speech. Film arahan Tom Hooper itu  diberi piala Attenborough Award untuk British Film of The Year (Film Inggris Terbaik) dan menganugerahi Hooper dan Colin Firth, masing-masing untuk Sutradara Inggris Terbaik  dan Aktor Terbaik. Sementara untuk Aktris Terbaik diberikan kepada Annete Bening untuk filmnya The Kids are All Right.

Di ajang The London Film Critics, kedua film ini sama-sama meraih tujuh nominasi.

Penghargaan lain juga diperoleh Lesley Manville, yang tampil memerankan tokoh Moet di film Another Year. Ia diganjar penghargaan Aktris Inggris Terbaik: Olivia Williams untuk Aktris Pendukung Terbaik dalam film The Ghost dan Christian Bale sebagai Aktor Inggris Terbaik (The Fighter).

Untuk Film Berbahasa Asing Terbaik diberikan kepada  Of Gods and Men yang disutradarai  Xavier Beauvois.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.