Andra and the Backbone Dampingi Para Perupa di Cirebon

Kompas.com - 20/02/2011, 11:10 WIB
EditorAti Kamil

CIREBON, KOMPAS.com -- Baru pertama manggung di Cirebon, Jawa Barat, Andra and the Backbone (ABB) harus tampil dalam konser dengan konsep yang mengharuskan mereka tidak menyajikan lagu-lagu saja, tapi sekaligus mendampingi  proses berkarya sejumlah perupa yang menerjemahkan lagu-lagu ABB ke dalam karya seni rupa.      

Nusa Konser, nama konser yang diturkan di Jawa Barat itu, diklaim oleh ABB sebagai konser pertama mereka di Cirebon. Masih "buta" mengenai selera dan apresiasi pendengar musik di kota tersebut, termasuk para penggemar mereka alias Backboners, sebelum manggung pada Sabtu (19/2/2011) malam Andra Ramadhan (gitar), Stevie Item (gitar), dan Dedy Lisan (vokal)  mengungkapkan rasa penasaran mereka.

Mereka melihat, bukan mereka yang akan memberi kejutan kepada para penonton, melainkan mereka yang akan mendapat kejutan dari para penonton. "Justru ini surprise buat kami, karena dari album pertama sampai ketiga kami baru pertama kali ke sini," kata Andra. "Kepenginnya seperti di kota-kota lain, kami diapresiasi dengan baik," timpal Dedy.

Untuk itu, ABB, yang menyajikan belasan lagu dalam konser tersebut, berlatih intensif dalam satu jadwal latihan saja. Apalagi, konsep konser itu berbeda dengan konser-konser mereka sebelumnya. "Kami sudah latihan, karena ini konser yang pertama kali buat kami dengan konsep yang menggabungkan seni lukis dengan musik, yang ada performing art-nya," jelas Andra.

Di pentas, ABB harus menyesuaikan durasi lagu-lagu yang mereka mainkan dengan durasi proses berkarya para perupa lulusan Fakultas Seni Rupa dan Design ITB yang menerjemahkan lagu-lagu mereka ke dalam karya seni rupa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X