Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andra and the Backbone Dampingi Para Perupa di Cirebon

Kompas.com - 20/02/2011, 11:10 WIB

CIREBON, KOMPAS.com -- Baru pertama manggung di Cirebon, Jawa Barat, Andra and the Backbone (ABB) harus tampil dalam konser dengan konsep yang mengharuskan mereka tidak menyajikan lagu-lagu saja, tapi sekaligus mendampingi  proses berkarya sejumlah perupa yang menerjemahkan lagu-lagu ABB ke dalam karya seni rupa.      

Nusa Konser, nama konser yang diturkan di Jawa Barat itu, diklaim oleh ABB sebagai konser pertama mereka di Cirebon. Masih "buta" mengenai selera dan apresiasi pendengar musik di kota tersebut, termasuk para penggemar mereka alias Backboners, sebelum manggung pada Sabtu (19/2/2011) malam Andra Ramadhan (gitar), Stevie Item (gitar), dan Dedy Lisan (vokal)  mengungkapkan rasa penasaran mereka.

Mereka melihat, bukan mereka yang akan memberi kejutan kepada para penonton, melainkan mereka yang akan mendapat kejutan dari para penonton. "Justru ini surprise buat kami, karena dari album pertama sampai ketiga kami baru pertama kali ke sini," kata Andra. "Kepenginnya seperti di kota-kota lain, kami diapresiasi dengan baik," timpal Dedy.

Untuk itu, ABB, yang menyajikan belasan lagu dalam konser tersebut, berlatih intensif dalam satu jadwal latihan saja. Apalagi, konsep konser itu berbeda dengan konser-konser mereka sebelumnya. "Kami sudah latihan, karena ini konser yang pertama kali buat kami dengan konsep yang menggabungkan seni lukis dengan musik, yang ada performing art-nya," jelas Andra.

Di pentas, ABB harus menyesuaikan durasi lagu-lagu yang mereka mainkan dengan durasi proses berkarya para perupa lulusan Fakultas Seni Rupa dan Design ITB yang menerjemahkan lagu-lagu mereka ke dalam karya seni rupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com