Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals: Kalau Cinta-cintaan, Anak-Istri Marah

Kompas.com - 23/02/2011, 20:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Iwan Fals, berbicara soal cinta dan keindahan berarti tak lepas dari Sang Maha Pencipta. Itu menjadi pegangannya dalam bekerja sama dengan Blackout untuk lagu baru, "Tergila-gila".

"Saya menangkapnya ini ada unsur alam, unsur Tuhan, dan unsur manusia. Bagaimana mau menggambarkan cinta dan keindahan kalau tidak ada unsur Tuhan? Cantik itu apa, sih, kalau enggak ada unsur Tuhan?" kata Iwan di sela shooting klip video lagu "Tergila-gila", karya Azizi, vokalis band Blackout, di Studio Elang Perkasa Film, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (23/2/2011).

Menurut Iwan, lirik lagu "Tergila-gila", tentang cinta dan keindahan, memang bisa diinterpretasi lebih luas daripada arti harafiahnya. "Ini, kan, kisah cinta Azizi tentang keindahan perempuan dan alhamdulillah banget lagu itu bisa ditafsirkan macam-macam. Saya merasa punya kewajiban menyampaikan apa yang saya rasakan tanpa menghilangkan pemikiran awalnya. Kalau saya bilang cinta-cintaan (sejoli), anak-istri saya marah. Kalau Azizi masih pantas," papar ayah tiga anak ini.

Blackout, terdiri dari Azizi (vokal), Ega (gitar), Iwan Xaverius (bas), Sastro (keyboard), dan Rere (drum), pun tak keberatan dengan interpretasi Iwan itu. Maka, terjadilah kerja sama mereka.

Iwan berminat untuk bekerja sama dengan Blackout karena warna musik band tersebut. "Kebetulan saya sama Rere sudah tahu lama, terus sama Iwan (Xaverius) juga sudah tahu lama. Kemudian, saya sering lihat (Blackout) di TV, kok, unik juga, ya, musiknya simple. Ya, sudah, terjadi begitu saja," ujarnya.

Dengan begitu, proses rekaman mereka berjalan tanpa kesulitan berarti. "Enggak ada masalah, sih, itu. Secara teknis enggak ada kesulitan karena saya kebanyakan memainkan musik seperti yang Blackout mainkan. Perjalanan kordnya juga begitu. Paling, saya adaptasi agar tidak keluar dari yang Azizi biasa nyanyikan. Ini mungkin karena banyak kesamaan dalam memainkan lagu, seperti rock, ballad," kata Iwan menguraikan.

Sementara itu, bagi Azizi, bisa bekerja sama dengan Iwan dalam single baru Blackout tersebut merupakan impian yang terwujud. "Gue senang banget bisa duet bareng idola gue. Sejak masih kecil, gue sudah akrab dengan lagu-lagu Mas Iwan," ungkap Azizi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com