Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balawan Senang Bertemu Komposer-komposer "Gila"

Kompas.com - 28/02/2011, 09:42 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com -- Minggu (27/2/2011) pagi  waktu San Francisco, gitaris yang juga menyanyi, I Wayan Balawan dari Bali, sudah memulai rangkaian kegiatannya dalam rangka Other Minds Music Festival 2011 atau yang ke-16, di San Francisco, California, Amerika Serikat.  

Other Minds Music Festival mengumpulkan para pemusik dari seluruh dunia yang dinilai paling kreatif dan menghasilkan karya yang unik menurut penyelenggara festival tahunan tersebut. Balawan menjadi salah satu dari delapan orang yang diundang sebagai komposer tamu. Tujuh lainnya adalah Louis Andriessen (Belanda), Han Bennink (Belanda), Kyle Gann (AS), Janice Giteck (AS), David A Jaffe (AS), Jason Moran (AS), dan Agata Zubel (Polandia).

Pada Minggu (27/2/2011) waktu San Francisco, Balawan mulai berkumpul bersama para komposer tamu lain tersebut dalam Djerassi Resident Artists Program di Woodside, California, yang diadakan pada 26 Februari-2 Maret dan tidak terbuka untuk umum. Dalam kesempatan itu, setiap komposer tersebut, termasuk Balawan, wajib membagi pengalamannya dalam bermusik. 

Balawan mendapat giliran pada Senin (28/2/2011) waktu setempat dan akan melakukannya bersama Nyoman Suwida dan I Nyoman Suarsana, dua pemain gamelan Bali dari grup Batuan Ethnic Fusion, yang dibentuk oleh Balawan dan mengusung musik perpaduan antara modern dengan etnik Bali.  "I love to be here meet some crazy composers," ungkap lulusan Australia Institute of Music di Sydney ini melalui BlackBerry Messenger.

Masih merupakan bagian dari Other Minds Music Festival 2011, sesudah Djerassi Resident Artists Program akan digelar tiga hari konser, diskusi panel, dan simposium di San Francisco, California, pada 3-5 Maret mendatang.  Balawan akan tampil dan memberi workshop pada 4 Maret waktu lokal juga bersama Suwida dan Suarsana.

Sebelum memulai kegiatan Other Minds Music Festival 2011, Balawan, Suwida, dan Suarsana merupakan bagian dari grup Song of Dharma, yang juga dihuni oleh I Dewa Gede Budjana (gitar), Ayu Laksmi (vokal), Agung Bagus Mantra (perkusi), dan Rico (keyboard). Mereka mengadakan sejumlah pertunjukan di San Francisco, pada minggu terakhir Februari 2011, antara lain di Asian Art Museum dan The Nexus, atas undangan Asian Art Museum dan Bali Institute of Global Renewal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com