Balawan: Jangan Kaget Kalau Saya Bikin Kejutan

Kompas.com - 05/03/2011, 03:52 WIB
EditorAti Kamil

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Jumat (4/3/2011) malam nanti waktu setempat, gitaris dari Bali, I Wayan Balawan (37) beserta I Nyoman Suarsana dan I Nyoman Suwida, dua pemain gamelan dari Batuan Ethnic Fusion (BEF), grup yang dibentuk oleh Balawan di Bali pada 1997, akan tampil dalam Other Minds Music Festival 2011 di San Francisco (California, AS). Mereka akan bermain bersama dua pemusik dari kota itu.

Other Minds Music Festival 2011 digelar di Kanbar Hall, California Street, San Francisco, pada 3, 4, dan 5 Maret waktu lokal. Delapan komposer tamu festival tersebut, termasuk Balawan, secara bergiliran dipanggungkan. Balawan, Suwida, dan Suarsana akan mengisi pentas festival itu pada malam kedua. Di samping Balawan Cs, komposer-komposer tamu yang akan tampil pada malam yang sama adalah David A Jaffe (AS), Agata Zubel (Polandia), dan Han Bennink (Belanda). Sementara itu, empat komposer tamu yang lain, yaitu Louis Andriessen (Belanda), Kyle Gann (AS), Janice Giteck (AS), dan Jason Moran (AS), mendapat giliran pada malam-malam lainnya. Selain itu, Andriessen, Zubel, dan Gann berkesempatan main dua kali.

Kepada Kompas.com di San Francisco, Balawan mengatakan bahwa ia, Suarsana, dan Suwida akan manggung selama kira-kira 30 menit. Mereka akan menyuguhkan tiga lagu--"GloBALIsm", "See You Soon", dan "Mie Goreng". Mereka memadukan musik modern, yang diwakili oleh permainan gitar eketrik oleh Balawan, dengan musik etnik Bali, yang diwakili oleh permainan gamelan dan suling Bali oleh Suwida dan Suarsana.

Untuk "GloBALIsm", Balawan didukung oleh Suarsana dan Suwida saja, sedangkan untuk dua lagu lainnya, gitaris yang terkenal dengan permainan gitar elektrik double neck dengan teknik tapping ini akan pula melibatkan seorang pemain bas dan seorang pemain drum dari San Francisco.

Untuk itu, Balawan, Suwida, Suarsana, dan dua pemusik San Francisco itu, berlatih pada Kamis (3/3/2011) waktu setempat. "Saya bilang ke mereka (dua pemusik San Francisco itu), yang dilatih itu cuma permainan dasar dari lagu itu. Jadi, kalau nanti saya bikin kejutan-kejutan di panggung, jangan kaget," kisah Balawan lalu tertawa.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X