Glen Fredly Bawa Penonton ke Negeri Dongeng

Kompas.com - 05/03/2011, 14:06 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis sekaligus pencipta lagu Glenn Fredly tahu betul bagaimana cara untuk menyita perhatian penonton di hari pertama pertunjukan Java Jazz Festival 2011. Glenn bukan sekadar bernyanyi saja, mantan suami vokalis Dewi Sandra itu juga mengajak penyuka musiknya untuk ke 'negeri dongeng' dengan sejuta curhatnya.

Sebelum sampai di lagu Akhir Cerita, lebih dulu vokalis Nyong Ambon itu berbagi keluh kesahnya mengenai kemelut yang terjadi di tubuh PSSI.

"Saya galau luar biasa dengan cerita di negeri dongeng ini. Kalau memang harus diganti itu ketua sepakbola yang enggak mau turun-turun, ya sudahlah turun saja. Itu yang membuat saya galau," ungkap Glenn di pentas Hall A2 BNI, Java Jazz Festival, Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/3/2011).

"Sampai kapan koalisi itu kawan? Yaitu negeri dongeng. Di negeri dongeng, polisi dan politisi kerjasama. Saya bayar pajak, tapi ke mana pajak itu? "sambungnya sebelum Tega menjadi lagu berikut yang disuguhkan.

Glenn tak sendiri, ia mengundang aktor Lukman Sardi naik ke atas panggung untuk membacakan puisi Pajak Sebatang Lisong karya W.S Rendra. Dengan lantang, pemeran Ki Ahmad Dahlan di film Sang Pencerah itu menyajikan puisi bernada kritik, sementara Glenn memberikan harmoni lewat petikan gitar akustiknya.

Kritikan dan sindiran satir dari Glenn terus berlanjut, kali ini penonton diajaknya untuk menikmati lagu Bongkar (dipopulerkan Iwan Fals), Rasa Sayange, dan You're My Everything.

"Saya tidak ingin bangsa kita hancur karena pemikir-pemikir yang sempit, kalian semua adalah agen perubahan. Katakan benar pada yang benar, katakan salah pada yang salah, peace, love, and respect," pungkas Glenn.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.