Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono dan Tompi Saling Cela di Java Jazz

Kompas.com - 05/03/2011, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -Sebagai seorang rapper, Pandji Pragiwaksono dikenal cukup provokatif saat tampil di atas panggung. Pada pagelaran hari pertama Java Jazz 2011 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/3/2011) malam tadi, Pandji menyuguhkan sesuatu yang berbeda bersama vokalis bersuara merdu, Tompi.

Saat berbincang dengan Kompas.com, Pandji mengaku harus banyak berimprovisasi ketika tampil di atas panggung Java Jazz Entrance Hall. "Karena salah satu yang identik dengan jazz itu adalah improvisasi," jelas Pandji.

Akhirnya, mantan presenter program acara "Kena Deh" itu melakukan sebuah improvisasi yang awalnya membuat penonton mengernyitkan alis lalu jutru tertawa setelahnya.

Sejumlah improvisasi termasuk saling cela dengan Tompi yang menjadi bintang tamu, sengaja dikeluarkan Pandji untuk memberikan sebuah warna baru di perayaan pesta musik jazz tahunan tersebut. "Tadi juga banyak improvisasi seperti Tompi gua tarik ke atas panggung, terus kami cela-celaan, tapi tetap nyanyi," jelas Pandji.

"Celaan dia tergantung celaan gua sebelumnya, misalnya gua cela dia tingginya di bawah rata-rata, nanti dia gantian bilang kalau gua tinggi tapi dungu," lanjutnya. Pandji mengaku tak pernah secara khusus melatih improvisasi yang dilakukannya bersama Tompi.

"Kami memang sering banget seperti itu, misalnya kalau dia lagi manggung, gua yang ditarik ke panggungnya dia. Atau kalau gua lagi manggung, dia yang gua tarik. Memang enggak pernah dilatih liriknya apa segala macam. Dan tadi penontonnya ketawa," ujarnya.

Terlepas dari itu, Pandji mengaku terhormat bisa manggung di Java Jazz untuk ketiga kalinya. "Bisa manggung malam ini gara-gara acara yang setiap bulan gua bikin pas tahun lalu, namanya Twivate Concert, yaitu konser mini untuk follower Twitter. Salah satu yang nonton saat itu Mbak Dewi Gontha.

Selesai acara Mbak Dewi Gontha bilang, 'Itu tadi bagus banget'. Tapi gua pikir ini cuma basa-basilah," ungkap Pandji yang menyuguhkan Baby Plum, Penasaran, Cerita Cinta (Kahitna), Song For Mama (Boys II Men), I Remember, dan Menoleh dalam pertunjukannya.

Dalam kesempatan itu pula, Pandji yang menggandeng beberapa vokalis lainnya seperti penyiar Trax FM yang juga penyanyi Ikhsan Akbar, Kamga "Tangga", hingga Barry Likumahua Project, juga memberi kesempatan kepada Gamila sang istri untuk unjuk kebolehan.

"Tadi ada beberapa aransemen yang dibuat khusus, di tengah-tengah istri gua, Gamila yang mau keluarin album. Dalam performance gua ada kesempatan tiga lagu buat Gamila," tuntas Pandji. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com