Jennifer Kurniawan: Nyalon di Indonesia Lebih Murah

Kompas.com - 07/03/2011, 09:20 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Sejak "pulang kampung" akhir Desember 2010 lalu, model Jerman berdarah Indonesia, Jennifer Kurniawan, menikmati perawatan tubuh dan rambut di Indonesia. Fasilitas spa di hotel dipilihnya untuk memanjakan diri dan melakukan perawatan tubuh 1-2 jam seminggu sekali. Jennifer mengakui menikmati teknik pijatan spa di Indonesia yang tak ditemuinya di negara lain, termasuk tanah kelahirannya, Jerman. Begitupun dengan perawatan salon yang disukainya karena bisa melakukan beberapa perawatan dalam satu waktu.

"Saya melakukan perawatan tubuh di spa dan perawatan rambut atau memotong rambut saat di hotel. Perawatan rambut di sini lebih menyenangkan karena bisa melakukan perawatan lain bersamaan seperti manicure. Harganya juga lebih murah. Di Jerman, jika ingin menata rambut, hanya perawatan itu saja yang bisa dilakukan. Spa di Indonesia juga lebih murah dengan kualitas yang sama, namun teknik pijatannya lebih enak di sini," tutur Jennifer, saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jumat (4/3/2011) lalu.

Perempuan kelahiran 6 April 1987 ini mengaku menyenangi kehidupan Jakarta. Penyebabnya, antara lain, karena berbagai aktivitas modeling dan tawaran kerja sama main film memang ada di Jakarta. Apalagi, perawatan kecantikan tubuh yang disukainya juga banyak tersedia di Jakarta dengan harga jauh lebih murah.

Di Jerman, katanya, perawatan spa memakan biaya 300 euro atau lebih dari tiga juta rupiah per satu jam. "Perawatan spa di Jerman sudah termasuk facial tapi hanya 10 menit," akunya. Untuk penataan rambut di Jerman, biayanya 100-200 euro atau lebih dari 1-2 juta rupiah. Manicure juga sama mahalnya di Jerman, sekitar 50-70 euro atau Rp 600.000-Rp 800.000, kata kakak dari pesepak bola klub Persema Malang, Kim Kurniawan, ini.

"Di Indonesia, saya bisa menikmati spa dengan pijatan yang jauh lebih enak dan perawatan salon beberapa kali dibandingkan satu kali perawatan di Jerman," kata Jennifer, yang berencana memiliki rumah di Jakarta lantaran ingin memantapkan karier sebagai model dan aktris di Indonesia.

Meski gemar merawat tubuh, Jennifer mengaku, kecantikan perempuan sebaiknya alami dan tidak memaksakan diri. Operasi plastik atau perawatan lain yang ekstrem agar tampil cantik sempurna dinilainya tak perlu dilakukan.

"Minum banyak air putih, makan buah, dan lakukan perawatan biasa seperti masker, tak perlu memaksakan diri dengan operasi plastik. Cantik juga bukan hanya luar tetapi juga dari dalam dengan perilaku yang bersahabat dan menyayangi orang lain," tutur model, yang kini menolak difoto seksi dan terbuka karena menghargai adanya perbedaan cara pandang dan budaya di negara kelahiran ayahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.