Ngobrol Bareng Once, Yuk! - Kompas.com

Ngobrol Bareng Once, Yuk!

Kompas.com - 09/03/2011, 11:28 WIB

KOMPAS.com — Elfonda Mekel atau yang populer dikenal dengan nama Once mengawali karier sebagai penyanyi solo. Ia juga pernah bergabung dengan sejumlah band, seperti One Feel dan Dimensi. Namanya kemudian meroket sebagai vokalis Grup Band Dewa 19, menggantikan posisi Ari Lasso dari grup tersebut.

Kehadiran Once berhasil memupus keraguan Baladewa (sebutan untuk penggemar Dewa 19) yang sangsi akan keberadaan Dewa 19 setelah ditinggal Ari Lasso. Pembuktian itu diperlihatkan Once lewat album Bintang Lima (2000), yang merupakan  album pertamanya sebagai vokalis Dewa.

Album yang mengandalkan lagu "Roman Picisan" dan "Risalah Hati" itu menjadi album tersukses sepanjang karier musik Dewa di kancah industri rekaman Tanah Air dengan angka penjualan lebih dari 1,7 juta keping. Album tersebut masuk pula dalam album terlaris di Indonesia. Pada tahun 2005, majalah Hai bahkan menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari Rp 14 miliar setahun.

Dunia menyanyi telah menjadi darah dagingnya. Sejak kecil, ia memang paling getol narsis mempertontonkan keindahan suaranya. Once paling bersemangat ketika diminta menyanyi di depan kelas.  

September 2010 lalu, Kompas.com menerima kabar pertama bahwa Once akan segera hengkang dari Dewa 19. Setelah berbulan-bulan selentingan itu menjadi bola liar, pada medio Januari 2011 lalu, kepastian itu akhirnya terjawab. Ahmad Dhani, motor penggerak band Dewa 19, membenarkan kabar tersebut.

Setelah tak lagi di Dewa 19, bersama Ari Lasso, Irfan "Samsons", Badai "Kerispatih", Maggi "Rif", dan Yuke, Once bermusik dengan mendirikan AYLI Project. Pekan ini, mereka akan unjuk kebolehan di acara A Mild As You Like It, yang berlangsung di Pekanbaru, Riau. Lantas, apa saja rencananya ke depan?

Nah, jika Anda ingin bincang-bincang lebih jauh dengan pemilik suara melengking pelantun "Simphony yang Indah" itu, silakan mengirimkan pertanyaan melalui e-mail entertainment@kompas.com. Cantumkan nama lengkap, domisili, dan alamat e-mail.  Pertanyaan Anda ditunggu hingga Jumat (8/3/2011) pukul 12.00 WIB.


EditorEko Hendrawan Sofyan

Close Ads X