Tohpati Bertiga, Warna Lain Tohpati

Kompas.com - 18/03/2011, 10:33 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com — Keinginan Tohpati (39) membentuk trio akhirnya tercapai. Bersama Indro Hardjodikoro (basis Halmahera) dan Bowo (drumer Gugun Blues Shelter), Tohpati membentuk Tohpati Bertiga yang mengusung warna musik jazz rock progressive. Album pertama, Riot, sudah beredar di pasaran.

”Awalnya, saya dan Bowo ingin main rock. Saat latihan dan tanpa sengaja direkam, ternyata hasilnya bagus juga; padahal direkam tanpa dubbing dan editing,” ujar Tohpati.

Baginya, permainan musik tanpa dubbing dan editing ini menarik. ”Seperti di musik jazz, kalau ada kesalahan bukan sesuatu yang fatal, tetapi jadi kejadian yang unik dan malah jadi sesuatu yang enak didengarkan,” tutur Tohpati.

Tentang mengapa kali ini mengusung rock, Tohpati mengatakan bahwa dirinya adalah penggemar rock. ”Sejak SMP saya mendengarkan Led Zeppelin, Deep Purple, hingga Yes. Mood rock itu saat ini keluar lagi,” katanya.

Meski sejauh ini tanggapan penggemarnya rata-rata positif, Tohpati mengakui pasti ada penggemarnya yang tidak suka atau kecewa dengan musik Tohpati Bertiga. Namun, hal itu tidak jadi masalah karena, menurut dia, musik menawarkan banyak pilihan.

”Saya sendiri memang suka explore. Saya enggak mau diam di satu warna musik saja. Saya maunya bisa memainkan banyak warna musik,” ungkap Tohpati.

(DOE)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X