Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DEVA Menunggu Tuah GIGI dan Anggun

Kompas.com - 19/03/2011, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketika mendapat kesempatan manggung di Kompas.com Music Corner pada awal 2010, grup band ini bernama Almost Dva.

Namun, sejalan dengan waktu, band pengusung musik pop rock alternatif ini pun menjelma menjadi DEVA. Ya, band yang digawangi Ifan (vokal), Oky (gitar), Dani (bas), dan Adi (drum), sengaja mengganti nama band mereka agar mudah diingat seperti lagu mereka yang mudah pula dicerna.

"Memang sebelum ini, nama band kami Almost Dva, tapi harus diakui nama tersebut agak sulit diingat. Akhirnya kami sepakat untuk mengganti nama dengan Deva," jelas Ifan saat berbincang di kawasan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2011).

Benar saja, setelah mengganti nama band, peruntungan mulai akrab dengan Ifan cs. Mereka pun dipercaya grup band GIGI untuk mendaur ulang single 'Kembalilah Kasih' yang pernah populer bersama vokalis Anggun C Sasmi (1993).

"Awalnya ini ide Teh Ria (manager DEVA), tapi memang saya dulu pernah dengerin lagunya GIGI di album Peace, Love N' Respect (2007),  lagunya memang bagus, dan easy listening," ujar Ifan.

Beruntung, ide sang manager pun langsung diamini dua personel GIGI, Armand Maulana (vokal) dan Thomas Ramdhan (bas). "Terus ketemu sama Armand, katanya enggak apa-apa," cerita Dani. "Lagu ini sempat mau jadi single jagoannya GIGI. Ya prestise juga karena kebetulan yang ciptainnya Thomas," sambung Oky.

Dengan mengantongi izin dari GIGI, akhirnya DEVA mendapuk 'Kembalilah Kasih' untuk menjadi single utama yang dijagokan di album perdana mereka, yang segera diluncurkan pada April 2011 ini. "Awalnya enggak ada niatan jadiin single karena kami sudah siapin 'Uu..Uu..Uu...', tapi manajemen dan kami sepakat mengangkat 'Kembalilah Kasih' sebagai single utama," jelas Ifan.

Sebagai single utama, 'Kembalilah Kasih' mendapat sentuhan aransemen vokal spesial dari DEVA. Lagu yang semula dinyanyikan dengan nada tinggi sesuai karakter vokal Anggun, kini disajikan lebih lembut dengan karakter vokal Ifan yang memiliki warna rock.

"Lagu 'Kembalilah Kasih' kami aransemen jadi lebih dinamis di vokal, karena Anggun kan nge-rock banget, vokalnya saja sudah berapa not," kata Ifan.

Sementara di sektor aransemen musik, DEVA meninggalkan warna akustik yang pernah disuguhkan GIGI. "Kalau ngikutin GIGI terlalu akustik berat karena waktu itu mereka featuring-nya sama Indra Lesmana," ujar Adi.

Karakter musik DEVA akhirnya menonjol di dalamnya. Dengan paduan betotan bas yang kental, dibantu kocokan gitar yang manis, dan juga tabuhan drum yang tak terlalu menghentak, membuat single 'Kembalilah Kasih' pun menjadi lebih sweet rock dibuatnya.

"Kami tinggal memadukan dengan tengah-tengahnya saja. Kami hanya menyederhanakannya saja," ujar Adi. Hasil aransemen tersebut diakui DEVA juga sudah mendapat restu dari Thomas. "Pas mau take live di Bandung kebetulan ketemu Thomas, dia sempat dengerin dan kami sepaham. Dan alhamdulillah pas didengerin Thomas katanya sudah cukup, sudah DEVA banget," papar Ifan.

Ke depan, DEVA berharap musik yang mereka suguhkan bisa diterima penyuka musik Indonesia. "Harapan sih tetap sama, lebih universal saja, enggak berharap tuahnya mereka karena kalau Anggun dikejar jauh banget ke Perancis. Yang penting orang bisa ikut nyanyi," tutup Ifan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com