Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Once: Karena Saya Sudah Kurang Ekspresif di Dewa

Kompas.com - 12/04/2011, 14:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jika belakangan ini kabar soal hengkangnya vokalis Elfonda Mekel atau lebih akrab disapa Once dari grup Dewa 19--grup band yang 10 tahun dihuninya bersama Ahmad Dhani (gitar, vokal), Andra Ramadhan (gitar), dan Yuke Sampurna (bas)-- lebih banyak keluar dari mulut orang kedua, kali ini pengakuan itu justru langsung keluar dari Once sendiri.

Ditemui di studio pribadinya di kawasan perumahan Pinang Mas I, Pondok Indah, Jakarta, Senin (11/4/2011), pria berdarah Manado, Sulawesi Utara tersebut akhirnya bersedia mengajak Kompas.com berbincang-bincang terkait hal tersebut, termasuk apa saja yang akan dilakukannya setelah memutuskan bersolo karier. 

Kepada reporter Kompas.com, Irfan Maullana dan fotografer Banar Fil Ardhi, Once  memberikan jawabannya atas pertanyaan sejumlah penggemarnya yang dititipkan kepada kami. Dengan ramah, Once pun menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagaimana yang kami rangkum berikut ini.

Dengar kabar Bung Once telah resmi keluar dari grup band Dewa sejak pertengahan Januari 2011, apa berita ini benar atau bagaimana?  (Muhammad Nur, SE, Mamuju, Sulawesi Barat,  Kompasianer 1) Ya, benar saya sudah keluar dari Dewa. Setelah 10 tahun saya berpikir untuk membuat album sendiri, karena saya merasa sudah kurang ekspresif di Dewa.

 

Apa yang melatarbelakangi Mas Once untuk keluar dari Grup Band Dewa 19 yang selama ini notabene sudah melekat dengan diri Mas Once dalam manajemen Mas Ahmad Dhani? (Didik  Darmadi,  Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur, didik.dmd@xxx)Saya akan mengeluarkan album solo.

 

Dengan kepergian Once dari Dewa, otomatis Baladewa pun berharap pengganti Once harus mempunyai vokal dan karakter yang tidak kalah hebatnya. Kalau menurut Anda, apakah sudah ada vokalis yang sekaliber Anda atau bahkan Ari Lasso, untuk menjadi vokalis baru dewa? (Nanang Hamidjoyo, Baladewa, Yogyakarta)  

Saya rasa ada, dan mungkin lebih baik. Hanya saja belum ditemukan. Memang setelah era Ari Lasso dan saya menjadi tolok ukur vokalis selanjutnya. Sebenarnya yang jadi masalah adalah bagaimana cara memainkannya lagu dengan cara yang tidak berbeda seperti vokalis terdahulu. Saya rasa itu bisa dilakukan seperti halnya band Toto dari Amerika, meskipun vokalisnya ganti-ganti.

Bung Once di samping sebagai vokalis band juga seorang penyanyi solo yang baik, mana yang menurut Anda paling sesuai untuk diri Anda jadi penyanyi solo atau vokalis band?Saya sebenarnya menikmati kedua-duanya. Menjadi penyanyi solo memberikan kepuasan dan kebebasan untuk berekspresi, tapi menjadi vokalis sebuah band juga ada kenikmatan tersendiri. Artinya, saya punya kesempatan mendengar ekspresi teman-teman. Memang ada dua kemungkinan yang akan terjadi, apakah akan menyukai dengan ekspresi teman se-band, apakah tidak. Tapi justru itu seninya dengan bermain band, kami bisa berekspresi atau saling mengisi.

 

Sebagai vokalis band dan penyanyi Solo album yang mana yang menurut Anda sangat berhasil membuat Anda mencapai ketenaran?

Mungkin di album pertama bersama Dewa (Bintang Lima-red) --Album ini dirilis pada tahun 2000 dan menjadi album pertama Once di Dewa setelah menggantikan posisi vokalis sebelumnya, Ari Lasso. Album Bintang Lima sukses terjual lebih dari 1,7 juta keping dan merupakan salah satu album terlaris di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com