Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Anak Masih Belum Dilirik

Kompas.com - 19/04/2011, 05:55 WIB

Jakarta, Kompas - Festival Film Internasional Anak-anak dan Remaja (KidsFfest) tahun ini diadakan untuk ketiga kalinya di Jakarta, 22 April - 1 Mei mendatang. Serangkaian film anak dan remaja di KidsFfest diharapkan menjadi tontonan alternatif bagi anak di tengah gempuran film-film dewasa yang menguasai bioskop maupun televisi.

Sejak pertama kali diadakan tahun 2009, KidsFfest terselenggara tanpa dukungan pemerintah. Kegiatan ini digagas Kalyana Shira Film Foundation yang kemudian menggandeng kedutaan besar dan pusat kebudayaan dari berbagai negara di Jakarta.

Tahun ini ada delapan film yang akan diputar di ajang KidsFfest. Selain Tanah Air Beta (Indonesia), masih ada Karla and Katrine (Denmark), Kung Fu Kid (Jepang), Magic Feather (India), The Crocodiles Strike Back (Jerman), In Orange (Belanda), Leaps and Bounds (Swedia) dan The Ten Lives of Titanic The Cat (Norwegia). Tiga film produksi Paddle Pop juga akan meramaikan acara tersebut.

Nia Dinata, produser film dan pendiri KidsFfest, Senin (18/4) di Jakarta, mengatakan, film anak-anak selama ini masih termarjinalkan. Di kancah industri film internasional pun film anak-anak yang diproduksi jumlahnya sangat sedikit. ”Hanya sekitar 7-10 persen film anak-anak di pasar film internasional,” kata Nia yang juga pendiri Kalyana Shira Foundation.

Di Indonesia, pada Maret dan April ini, ada 26 film impor yang masuk Indonesia. Komposisinya adalah 24 film dewasa, satu film remaja, dan hanya ada satu film anak.

Selain diputar di Blitzmegaplex Mal Pasific Place, film-film KidsFfest juga akan diputar dalam bentuk layar tancap di lobi mal dan di halaman luar mal. (IND)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com