Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Cerai Aa Gym-Teh Ninih Dijadwalkan Selasa Ini

Kompas.com - 19/04/2011, 11:40 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Kalau tak ada perubahan jadwal, Selasa ini (19/4/2011) digelar sidang perdana permohonan cerai talak kiai kondang Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) terhadap istri pertamanya, Hj Ninih Muthmainah, di Pengadilan Agama Kota Bandung, Jawa Barat.

Seperti diberitakan, Kepala Humas PA Kota Bandung Acep Saifudin mengatakan bahwa permohonan cerai atas nama KH Abdullllah Gynmastiar sudah masuk ke PA pada 14 Maret 2011 dengan surat bernomor 845/PdtG/2011 /PA Bdg.

Permohonan cerai Aa Gym itu ditujukan kepada istri pertamanya, Hj Ninih Muthmainah atau Teh Ninih. "Jadi, yang menggugat cerai talak itu adalah KH Abdullah Gymanstiar untuk istrinya yang bernama Ninih Muthmainah," kata Acep.

Menurut Acep, seperti dikutip Tabloid Nova, sidang pertama beragendakan pemanggilan kepada pihak penggugat dan tergugat dalam upaya mendamaikan suami istri itu. "Dalam sidang pertama itu hakim akan memberikan kesempatan upaya damai., Jadi, belum tentu kalau sudah masuk pengadilan agama itu pasti bercerai. Siapa tahu mereka berubah pikiran," katanya.

Pihak PA Kota Bandung menolak membeberkan alasan atau penyebab permohonan cerai itu dilayangkan, karena hal itu sudah merupakan materi sidang.

Diperkirakan sidang cerai ini akan berlangsung singkat, lantaran beberapa bulan sebelumnya Aa Gym dan Teh Ninih sudah bercerai secara agama. Proses perceraian di pengadilan agama diperkirakan hanya untuk mencari legalitas atas status keduanya, serta membatalkan pernikahan mereka secara hukum yang berlaku di Indonesia.

KH Miftah Farid, Ketua MUI Kota Bandung yang juga dikenal sebagai orang dekat keluarga Aa Gym, berpendapat bahwa jika Aa Gym sudah berani memberi kuasa kepada pengacaranya untuk memasukkan permohonan cerai, berarti dai kondang itu sudah berpikir masak-masak untuk bercerai. Kabar mengenai perceraian Aa Gym-Teh Ninih ini sudah diberitakan media massa di Bandung sejak akhir tahun lalu.

Aa Gym menikahi Teh Ninih pada 1987. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai tujuh anak, yakni Ghaida Tsuraya, Muhammad Ghazi Al-Ghifari, Ghina Raudhatul Jannah, Ghaitsa Zahira Shofa, Ghefira Nur Fatimah, Ghaza Muhammad AlGhazali, dan Gheriya Rahima. Pada November 2006, Aa Gym menikahi seorang janda beranak tiga, Alfarini Eridani atau akrab disapa Teh Rini, dan dikaruniai seorang putra. (luc)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com