Batik dalam Layar Nia Dinata

Kompas.com - 20/04/2011, 07:59 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rupanya belum ada film yang khusus menceritakan keindahan batik Indonesia. Sutradara dan produser film Nia Dinata (40) tidak berhenti dibuat gelisah. Dia mulai membuat sebuah film dokumenter tentang batik. Film ini diharapkan menjadi sebuah dokumentasi yang komplet untuk mengabadikan keragaman corak batik di Indonesia berikut cerita di balik pembuatannya.

Untuk proyek ini, Nia sudah melakukan riset sejak Januari 2011. ”Saya sudah melakukan riset di beberapa sentra batik, seperti Pekalongan, Yogyakarta, dan Solo,” katanya saat ditemui dalam acara ”Global Social Change Film Festival and Institute 2011”, sebuah festival film dokumenter di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pekan lalu.

Sutradara beberapa film—antara lain Ca Bau Kan (2002), Arisan! (2003), dan Berbagi Suami (2006)—ini menilai sebuah pesan dapat lebih tersampaikan melalui film dokumenter. ”Sekarang saya juga berusaha seimbang antara membuat film komersial dan dokumenter,” tutur Nia menambahkan.

Beberapa film dokumenter yang diproduseri atau disutradarai Nia mendapat perhatian publik. Sebut saja Perempuan Punya Cerita (2008), Pertaruhan (2009), dan Working Girls (2010).

Melalui film tentang batik, Nia ingin mengajak warga Indonesia lebih bangga memiliki batik serta menghargainya.
(DEN)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.