Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Franky Ingin Lihat Indonesia Jaya

Kompas.com - 20/04/2011, 19:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Ada satu keinginan yang belum tercapai oleh mendiang vokalis sekaligus pencipta lagu Franky Sahilatua sebelum tutup usia. Keinginannya itu disiratkan pada lagu terakhir yang diciptanya.

"Dia itu suka bercanda, dia bikin lagu nasionalis Bhinneka Tunggal Ika. 'Sirkus dan Pangan' karya terakhir," kata adik kandung Franky, Jane Limbong Sahilatua, dalam wawancara di rumah duka Franky, Komplek Pelangi Bintaro, Jalan WR Supratman No 22 RT 005 RW 02, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat, Tangerang, Rabu (20/4/2011).

Dalam karya terakhirnya, Frank, disebutkan Jane, berkeinginan melihat Indonesia kembali gemah ripah loh jinawi. "Dia pengin masyarakat Indonesia sejahtera dia ingin Indonesia kaya," jelas Jane.

Keinginan Franky tersebut tercetus kala dirinya menjalani perawatan di rumah sakit Singapura sejak Desember 2010 silam. "Apalagi dia lihat Singapura, 'Kenapa negara Indoneisa kaya kok enggak bisa kayak Singapura'," cerita Jane menirukan ucapan Franky.

Kini Franky meninggalkan sejuta kenangan bagi keluarga yang ditinggalkannya. "Dia kakak yang paling baik, enggak pernah menyusahkan orangtuanya. Dimarahin pun dia nunduk saja, enggak membantah atau apa. Dia sangat lembut dan menyentuh hati orangtuanya. Dia baik sekali," ungkap Jane.

"Dia dari kecil melihat ibu saya dan bapak yang menolong orang lain. Bapak saya pernah kuliahin orang hingga berhasil. Makanya, Franky gemar menolong orang tanpa pamrih," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com