Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Judul Album "Im Gay", Rapper Lil B Diancam Dibunuh

Kompas.com - 25/04/2011, 10:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Baru-baru ini, Brandon McCartney alias Lil B, rapper kenamaan asal Berkeley, California (AS), berencana menjuduli album terbarunya I'm Gay. Akibatnya, rapper yang dulu bergabung bersama grup hip-hop The Pack ini mengundang kontroversi dan kecaman.

"Orang-orang mengecam saya dengan, contohnya, 'Saya akan memukul kepala anda, saya akan membunuh anda'," kata Lil B seperti dipublikasi oleh mtv.com.

Padahal, walaupun memilih judul itu, pencetak hit "Wonton Soup" ini mengaku bukanlah penyuka sesama jenis. "Saya sangat gay, tapi saya menyukai perempuan. Seumur hidup, saya tidak pernah tertarik kepada lelaki. Tapi, ya, saya gay, saya sangat bahagia saya seorang gay, laki-laki heteroseksual," lanjutnya.

Ternyata, yang dimaksud oleh Lil B dengan pernyataan bahwa ia merupakan seorang gay adalah ia sangat mencintai komunitas gay dan lesbian. "Saya ingin mendukung pengurangan jarak (antara kaum gay dan lesbian dengan kalangan di luar mereka) dan itu apa yang sedang saya lakukan," jelasnya.

Lil B sedang berusaha menyuarakan dukungannya terhadap dunia hip hop yang selama ini ditengarai bersifat homophobia alias tidak boleh dimasuki oleh kalangan penyuka sesama jenis. Penulis buku Terrence Dean, yang juga mantan produser MTV dan ahli bidang rap, misalnya, juga mendapati fenomena homopobhia dalam dunia rap yang menurutnya masih menjadi tantangan tersendiri bagi komunitas musik jenis itu.

Buku Dean berjudul "Hiding in Hip Hop: On the Down Low in the Entertainment Industry from Music to Hollywood". Dean memaparkan, "Hip hop merupakan budaya dan lingkungan yang tak mendukung tempat aman untuk seorang artis datang dan pergi. Jika anda mendengarkan banyak lirik rap, akan terdengar lirik yang mendukung kebencian dan penolakan terhadap gay. Ini merupakan lingkungan di mana mental membunuh dan gangster masih sangat lazim terjadi. Seniman-seniman di dalamnya memelopori kebanggaan akan hiper masculinity dengan dunia selangkangan, degradasi perempuan, dan lirik bualan mereka tentang jumlah perempuan yang telah mereka tiduri dan anak yang mereka bikin."

Lil B bermaksud untuk melawan semua yang disebut oleh Dean. Makanya, ia menjuduli album I'm Gay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com