Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jay Subiyakto: Saya Dimusuhi Para Penari

Kompas.com - 06/05/2011, 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penonton yang akan menyaksikan pentas tari ”Matah Ati” di Teater Jakarta pada 13 – 16 Mei mendatang akan menikmati penari beraksi di lantai panggung yang miring. Ide lantai panggung dengan kemiringan 15 derajat itu datang dari penata artistik, Jay Subiyakto.

Penari pada awalnya sempat kewalahan dan harus jatuh bangun menari di lantai miring. ”Saya sempat dimusuhi para penari, he-he-he,” kata Jay pekan lalu saat makan malam bersama Atila Soeryadjaya, sutradara ”Matah Ati”.

Jay memberi motivasi kepada para penari, seperti dituturkan penari utama ”Matah Ati”, Fajar Satriadi. ”Mas Jay bilang, jalanin aja jangan banyak complain. Tak ada karya bagus yang dilakukan dengan mudah. Mari kita taklukkan kemiringan panggung,” cerita Fajar menirukan ucapan Jay.

Kini para penari telah terampil menari di lantai panggung miring. Tata artistik gaya Jay itu juga mendapat pujian media massa Singapura saat ”Matah Ati” digelar di Esplanade pada Oktober 2010.

Selain sempat ”dimusuhi” penari, akibat lantai miring itu Jay juga merasa bakal dipecat Atila selaku sutradara dan penggagas ”Matah Ati”.

”Mbak Atila mau pecat saya. ’Dipecat saja, nyusahin orang,” kata Jay berseloroh.
”Untung saya enggak dipecat, he-he-he,” papar Jay yang duduk di samping Atila. (XAR)
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com