Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyaksikan Andrea Bocelli yang Memesona

Kompas.com - 16/05/2011, 07:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi pop tenor dunia berkebangsaan Italia, Andrea Bocelli, tampil begitu memesona sekitar tiga ribu penonton dalam konser dunianya yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Minggu (15/5/2011) malam. 

Lewat konser bertema 'Andrea Bocelli: Live in Concert', itu penonton disuguhi  alunan suara tenor merdunya diiringi musik Magenta orchestra, dengan diperkuat paduan suara (choir) dan tiga vokalis yang berduet dengan Bocelli. 

Ditemani Choir 'Impromptu Singers', Bocelli yang malam itu tampil sederhana dengan mengenakan kemeja putih yang dibalut jas berwarna hitam. Ia membuka konsernya dengan  melantunkan tembang "Intanto Amici Qua", yang berasal dari kalimat Intanto Amici, Quq, Beviamone Un Bicchiere--merupakan bahasa Italia yang apabila diterjemahkan dalam bahasa Inggris berarti In the Meantime, Friends, Let's Have a Drink (Di Waktu Luang, Teman-teman, Ayo Minum).

Sebelumnya, Magenta Orchestra dengan konduktor Marcello Rota bersama dengan personel panduan suara menyuguhkan lagu pembuka "Va Pensiero".   Dalam konser yang berlangsung hampir dua jam itu, Bocelli memuaskan para penggemarnya dengan menyanyikan sebanyak 14 judul lagu dari total 20 judul yang dinyanyikan secara bertahap melalui dua babak. Selain tampil bersama dengan choir dan orkestra, vokalis tenor kelahiran 22 September 1958 itu juga ditemani tiga vokalis cantik, salah satunya adalah Dira Sugandi, penyanyi bersuara indah berkewarganegaraan Indonesia.  

Tampil penuh energi dan pesona yang luar biasa, vokalis kelahiran Lajatico, Tuscany, Italia ini mampu menggemakan ruangan ballroom dengan suara tenornya menggemaskan. Dalam penampilannya Bocelli menyanyikan empat tembang solo, dua lagu yang dinyanyikan pada babak pertama adalah "Amor ti Vieta" dan "Meco All'Atar di Venere". Sementara dua di babak akhir adalah "O Surdato 'Nnammurato" dan "Marechiare".

Selain tampil solo, Bocelli juga secara mengejutkan berduet dengan penyanyi jazz asal Indonesia, Dira Sugandi, yang malam itu dinobatkan sebagai tamu spesial asal Indonesia.   Tidak hanya dengan Dira, Bocelli juga berduet bersama Elena Rossi, penyanyi soprano asal Italia yang menjadi pasangan duet dirinya malam itu.

Pada babak pertama, walaupun sempat bersolo ria dengan tembang "O Mio Babbino Caro", Rossi bersama Bocelli berduet di dua lagu terakhir berjudul "Viene la Sera" dan "Brindisi".   Sedangkan, pada babak kedua, dimana suasana lebih semarak dengan keterlibatan choir, Rossi dan Bocelli bersama-sama menghibur penonton dengan duet mereka di lagu "O Sole Mio" dan "Funiculi Funicula". Rossi sempat bersolo di babak kedua ini dengan iringan choir dalam lantunan lagu "Vilja Lied".  

Terakhir, Bocelli juga kedatangan tamu spesial, Hayley Westenra, penyanyi sopran perempuan berkebangsaan Selandia Baru. Hayley dan Bocelly duet menyanyikan satu tembang, "Canto della Terra", yang menjadi tampilan penutup konser. Sebelumnya, Hayley juga tampil solo, sekali, ketika menyanyikan lagu "Amazing Graze" ciptaan John Newton.  

Usai penampilan, Bocelli beserta keseluruhan musisi yang hadir mendapatkan standing ovation panjang dari para penonton. Walaupun dengan panggung sederhana, sebagaimana direncanakan oleh promotor, Java Festival Production, penampilan perdana Bocelli di Jakarta pada malam itu memberi kesan memesona.  

Sekadar informasi, Bocelli mendapatkan sebuah tempat di buku the Guinness Book of World Records atas prestasinya serius menduduki posisi pertama, kedua, dan ketiga dalam daftar album musik klasik di Amerika Serikat. Bocelli memang penyanyi tuna netra, tapi ia punya kelebihan lain yang tak dimiliki orang-orang kebanyakan. 

Bocelli, musisi yang pernah membiayai kuliahnya dengan bekerja sebagai pianis bar, ini sempat menduduki posisi kelima terbaik dalam penjualan album liburannya yang mencapai   lebih dari empat juta kopi di seluruh dunia pada 2009.  

Kini, total penjualan albumnya di seluruh dunia telah mencapai sekitar 70 juta kopi. Karier Bocelli juga semakin berkilau ketika pada 2010 lalu, dia mendapatkan ‘Hollywood’s Walk of Fame’ yang didedikasikan sebagai Our Tuscan Tenor.  

Namanya di dunia musik internasional terkenal semenjak berduet dengan penyanyi sopran Sarah Brightman pada lagu "Time to Say Goodbye" yang meledak di pasaran. Lagu tersebut merupakan hasil arrangement dari lagu tahun 1996-nya yang berjudul Con te Partiro. Bocelli sendiri pada tahun 1998 juga sempat berduet dengan Celine Dion dalam kolaborasi lagu "The Prayer".    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com