"Hasrat dan Cita": Penantian 13 Tahun KSP Band

Kompas.com - 17/05/2011, 00:02 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah 13 tahun menghilang di panggung industri rekaman Tanah Air, grup band KSP (Kelompok Suara Parahyangan) akhirnya kembali.

Tepat pada tanggal 13 Mei, KSP merilis album ketiga yang diberi judul Hasrat dan Cita. Album ini memuat 13 lagu, dengan melibatkan sejumlah musisi kawakan, yakni Adjie Soetama, Andre Hehanusa, Idang Rasjidi, hingga Oddie Agam.   

"Hasrat dan Cita" yang menjadi jagoan di album ini merupakan single daur ulang yang diciptakan Fariz RM. Satu lagu daur ulang lainnya adalah "Tanda-tandanya" yang diciptakan Oddie Agam dan dipopulerkan Mus Mudjiono.

"Sebelas lagu lainnya adalah lagu-lagu baru yang dikumpulkan sejak tahun 2004," kata Marthin Saba, ditemui di Cafe Halaman, Bandung, akhir pekan lalu.

Butuh waktu tujuh tahun dalam proses penggarapan album ketiga ini. Iyus Yusuf (gitar) menambahkan, banyak hal yang menyebabkan lamanya proses pembuatan album tersebut. Salah satunya tentu saja kesulitan saat mengumpulkan para personel yang jumlahnya mencapai 13 orang.     

"Kendala utama tentu saja karena para personel punya kesibukan masing-masing. Namun, hal yang utama adalah menunggu waktu yang tepat untuk itu," katanya.

Mencoba menyuguhkan warna yang berbeda di tengah keseragaman musikalitas, yang nyaris mendominasi industri rekaman saat ini, menjadi semangat KSP dalam berkarya. Tak cuma menghadirkan warna musik yang berbeda, kekuatan band ini juga ditopang oleh kualitas paduan suara para penyanyinya dan dukungan personel musisi yang menghadirkan sajian perkusi dan brass section yang begitu dominan.  

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekuatan ini juga makin diperteguh dengan keterlibatan sejumlah musisi kawakan di album ketiga ini. Oddie Agam memberikan warna baru album mereka di single "Mencintainya". Ada juga single "Let's Save the World", yang dibuat musisi Idang Rasjidi. Sementara itu, Iyok Kusdini, salah satu vokalis di grup KSP, juga ikut ambil bagian dengan menciptakan tiga lagu, yakni  "Aku", "Merindukanmu", dan "Klasik Disko".  

Tak sekadar memberikan hiburan, diakui Marthin Saba, KSP juga ingin memberikan wacana baru di album terbaru mereka ini bahwa tren memang harus diciptakan. Makanya, mereka berusaha menghadirkan nuansa baru di tengah gempuran lagu mendayu-dayu.

Dari segi industri, grup yang berdiri di Bandung sejak 1978  itu—dan pernah diperkuat Triawan Munaf (ayah Sherina Munaf), Aziz Utama, hingga Dewi Gita—baru merilis dua buah album. Pada 1997, mereka merilis album pertama mereka, yang diberi judul self title (KSP) dan melambungkan lagu "Cinta". Pada Mei 1999, mereka merilis album kedua, dengan hit berjudul "Mimpiku".

Bongkar pasang personel memang pernah dialami. Namun, itu tak membuat grup ini bubar jalan. Sekarang grup ini pun dinakhodai Lucky Soeryo (music director dan pemain keyboard), Donny Herdanto (pemain keyboard dan piano), Abimanyu Karyana (pemain bas), Iyus Yusuf (gitaris), Arif (pemain drum), Reza Syafrilyan (pemain perkusi), Diana Saralely dan Brury (pemain terompet), Ivan (pemain trombon), serta Iyok Kusdini, Kiki Satrio, Marthin Saba, dan Uchy Amyrtha (para vokalis).     

"Kalaupun kita jarang membuat album, KSP tak pernah bubar. Kami beregenerasi," ujar Uchy. "Mengenai album ini, kami hanya berharap mudah-mudahan bisa diterima dan yang penting adalah pembelajaran dalam bermusik. Tidak hanya musik yang itu-itu saja," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X