Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugun Gebrak Imperial College London

Kompas.com - 21/05/2011, 18:24 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Kelompok Gugun Blues Shelter merupakan satu-satunya band di Asia yang tampil di panggung konser yang digelar di lapangan ternama di London untuk pertama kalinya.

Awalnya, mereka mengikuti kompetisi Hard Rock Battle of the Band dalam peringatan hari jadi ke-40 Hard Rock hanya iseng.

Bagaimana tidak, mereka harus bersaing dengan band-band dari 68 negara di dunia untuk bisa mendapatkan tiket untuk tampil di Hyde Park.

Saat ini, band-band terpilih dari seluruh dunia dibagi ke dalam empat regional yang nantinya masing-masing pemenang dari keempat regional itu akan tampil di festival musik Hard Rock Calling 2011 di Hyde Park, London, 24-26 Juni 2011.

Satu band yang berhasil menjadi pemenang akan ditempatkan di panggung utama untuk menjadi pembuka konser Bon Jovi. Tiga band lainnya akan tampil di panggung kedua.

"Kami beruntung terpilih menjadi pemenang dan akan menjadi band pembuka dalam konser Bon Jovi," ujar Gugun, motor kelompok ini.

Ini merupakan suatu kebanggaan bisa tampil di panggung yang sama dengan Bon Jovi.

Perlu dukungan

"Padahal kan kami juga membawa misi kebudayaan meskipun bukan budaya tradisional seperti tari-tarian, tapi paling tidak penggemar musik di dunia tahu bahwa Indonesia juga punya kelompok musik yang berkualitas," ujar Bowie, salah satu personel, yang juga diakui Gugun.

Kehadiran Gugun Blues Shelter yang merupakan band blues asal Indonesia di Inggris merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, mereka juga pernah tampil dalam festival musik Colne Blues Festival dan Belfast Big River Jazz & Blues Festival pada tahun 2008 dalam UK Tour-nya bulan Agustus dan pada Januari 2009  tampil dalam Skegness Blues Festival.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com