Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oprah Winfrey Show Berakhir, Industri Media AS Ketar-ketir

Kompas.com - 25/05/2011, 15:08 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Kemarin (24/5/2011) merupakan salah satu hari bersejarah bagi Oprah Winfrey. Pembawa acara terkenal yang menjadi selebriti ternama di AS ini menyelesaikan episode terakhir program talk show The Oprah Winfrey Show yang telah ia jalankan selama 25 tahun terakhir ini.

Tiga hari terakhir pengambilan gambar program talk show ini dibuat semeriah mungkin. Beberapa selebriti terkenal seperti Madonna, Tom Hanks, Beyonce Knowles, dan Tom Cruise menjadi bintang tamu dalam shooting bergantian di depan 20.000 penggemar acara ini di Chicago.

Melalui perusahaan miliknya, Harpo Inc, Oprah sukses menciptakan kerajaan media, mulai dari media cetak, radio, digital, televisi, hingga jaringan kabel. Dengan usahanya ini, Oprah berhasil mengumpulkan kekayaan pribadi sebesar 2,7 miliar dollar AS.

Program televisi yang telah mencetak lebih dari 25.000 episode ini mampu memengaruhi perekonomian seluruh bisnis yang terkait di dalamnya. Banyak pihak khawatir, setelah The Oprah Winfrey Show yang ditayangkan pada siang hari di AS ini berakhir, peringkat pemirsa televisi akan merosot.

Beberapa program pengganti telah dipersiapkan, seperti The Ellen DeGeneres Show, The Dr. Oz Show, atau memperpanjang siaran berita hingga sore hari. Namun, tetap saja, dengan pengaruh program televisinya yang sangat besar bagi masyarakat selama ini, tentu langkah itu tidak akan mudah.

Tak hanya bisnis penyiaran yang kelimpungan, industri percetakan juga ketar-ketir. Selama ini buku-buku yang dijual di Oprah's Book Club telah berkontribusi terhadap penjualan 22 juta kopi buku selama dekade terakhir ini.

"Oprah sering merekomendasikan buku bagus di acaranya. Para penerbit akan merindukan itu," ujar Marry Gleen, salah satu anggota Asosiasi Penerbit McGraw-Hill. (Rizki Caturini/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com