Shahnaz Haque: Tak Mau Berlebihan

Kompas.com - 10/06/2011, 06:35 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Shahnaz Haque (38) tidak mau berlebihan dalam mendidik anak untuk mencintai lingkungan. Sejak dini dia menanamkan kepada anaknya agar tidak membuang sampah sembarangan.

Berbeda dengan di rumah, saat berada di luar rumah, tempat sampah tidak selalu ada. Karena itu, sampah tidak boleh dibuang sembarangan.

”Misalnya, bungkus permen. Kalau tidak ada tempat sampah, bungkus permen itu dimasukkan ke dalam saku dulu sampai kita menemukan tempat sampah,” ujar Shahnaz beberapa hari lalu di sela-sela Kompas Kampus & Tupperware Green Living and Youth Creativity di Universitas Negeri Medan.

Dia beranggapan, kondisi toilet juga menjadi salah satu tolok ukur kepedulian orang terhadap lingkungan. Bila toilet di sebuah rumah atau bangunan bersih, hampir dipastikan lingkungan di sana bersih. ”Mendidik anak-anak masih lebih mudah dibandingkan (mendidik) orang dewasa,” katanya.

Contohnya saja, di kampus-kampus di Indonesia, toilet bersih sulit ditemukan. Padahal, kampus merupakan tempat memproduksi calon intelektual.

Seharusnya orang-orang yang berada di lingkungan kampus peduli lingkungan. ”Masalahnya, sistem pendidikan di Indonesia untuk membangun kesadaran terhadap lingkungan terlambat. Seharusnya pendidikan demikian sudah dilakukan sejak tingkat TK,” tutur istri drummer Gilang Ramadhan itu. (BEE)

 
 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.