Teuku Rifnu Wikana Main Mata di Hati Merdeka

Kompas.com - 11/06/2011, 08:28 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Di sekuel pamungkas film Hati Merdeka, aktor laga Teuku Rifnu Wikana dituntut lebih menghidupkan karakter Sersan Dayan yang kehilangan lidah pada film sebelumnya, Merah Putih.

Rifnu tak menampik bahwa tingkat kesulitan karakter Dayan kali ini jauh lebih tinggi. "Susah sih, karena aku enggak punya bahan, aku tidak punya senjata berupa teks, dialog yang ingin kusampaikan," cerita Rifnu saat nonton bareng Hati Merdeka di XXI Metropole, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (10/6/2011) malam.

"Yang kusampaikan itu cuma berupa gesture dan tatapan mata yang harus tepat. Jadi gimmick-nya lebih ke main mata dan gesture tubuh," lanjutnya.

Contohnya? "Seperti misalnya saya mengungkapkan kekesalan kepada Kapten Amir (Lukman Sardi) ketika dia mau mengundurkan diri. Atau misalnya saya mau memberitahukan soal peta kepada Thomas (Donny Alamsyah), dia kan enggak bisa baca tulis, saya juga enggak bisa baca tulis apalagi bicara, jadi si bego dan si bodoh ketemu. Makanya sulit banget," jelas Rifnu.

Tapi, dengan kekompakan antar pemain yang terbentuk sejak di film Merah Putih, dan Darah Garuda, kesulitan yang dihadapi Rifnu bisa diatasinya. "Jadi tingkat kesulitannya sulit apalagi menjaga intensitasnya sulit banget. Untungnya chemistry satu pemain dengan pemain lainnya kuat banget jadi teratasi," kata Rifnu.

Hasilnya, tak sedikit yang memuji akting Rifnu yang berhasil menghidupkan karakter Dayan. "Hasilnya memuaskan, karena usaha yang kami kerjakan tidak sia-sia. Kalau penilaian itu subyektif penonton, tapi mulai premier penilaiannya bagus. Seperti istrinya Mas Eros Djarot bilang bagus," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.