Bibit Pohon "Oleh-oleh" Konser Iwan Fals

Kompas.com - 11/06/2011, 20:30 WIB
EditorHertanto Soebijoto

LEUWINANGGUNG, KOMPAS.com — Ada yang unik dari konser serial "Tanah" Iwan Fals bersama Gigi di kediaman Iwan Fals, Leuwinanggung, Bogor, Sabtu (11/6/2011). Dari tiket seharga Rp 50.000, tiap penonton bisa membawa pulang bibit tanaman.

Iwan Fals mengungkapkan, ratusan bibit tanaman tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kehutanan. Bibit-bibit pohon tersebut terdiri dari bibit sengon, jamblang, akasia, mahoni, lamtoro, dan sebagainya.

"Jangan lupa, bawa tanaman-tanaman ini untuk kita tanam. Satu orang satu pohon sangat berarti buat masa depan kita," ujar Iwan Fals di atas panggung.

Rojak (26), salah seorang penonton dan penggemar Iwan Fals asal Pasar Minggu, mengatakan belum tahu akan ditanam di mana bibit sengon yang dibawanya sepulang konser ini. Ia mengaku sudah tak punya lahan tanah di rumahnya.

"Paling saya titip di tanah punya tetangga soalnya di rumah sudah enggak ada lahan. Bingung," kata Rojak.

Santi (19) juga mengaku demikian. Meskipun terlihat senang membawa pulang "oleh-oleh" dari konser, dia sendiri belum berencana menanam sendiri. Dia berniat akan meminta tolong pacarnya untuk menanam yang di rumahnya masih memiliki lahan.

"Di rumah saya sudah disemen semua tanahnya. Tapi saya senang kok dapat bibit akasia ini, mungkin karena unik kali, ya, sebagai bagian dari konser," kata Santi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan, menurut Iwan Fals, konser "Tanah" merupakan konser serial tentang bumi dan lingkungan hidup. Sebelumnya, pada April lalu, Iwan Fals sudah lebih dulu membuka konser serial ini dengan konser "Air" dan menampilkan band Kotak. Kali ini, pada konser serial keduanya, Iwan Fals ditemani Gigi.

Rencananya, konser ketiga Iwan Fals akan bertajuk "Api" dan ia akan bermain bersama Superman is Dead (SID). Konser tersebut juga digelar di halaman rumahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X