Sam Bimbo: Runtuhnya Kejujuran

Kompas.com - 16/06/2011, 08:01 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Samsudin Hardjakusumah atau Sam Bimbo (69) merasa sangat prihatin dengan apa yang ia sebut sebagai runtuhnya kejujuran dan rasa malu di negeri ini. Ketidakjujuran itu antara lain terlihat pada pembajakan album fisik dan pengunduhan ilegal musik digital yang semakin merajalela.

”Album kasidah Bimbo dibajak dan di sampulnya ada tulisan ’Dilarang Membajak...’ Ada MP3 berisi seratus lebih lagu Bimbo dijual di mana-mana,” kata Sam.

Mengutip data yang dilansir gerakan Heal Our Music, Selasa (14/6), Sam menyebut, dalam satu detik 92 lagu Indonesia diunduh secara ilegal.

Dalam satu bulan jumlah yang terunduh menjadi sekitar 237 juta lagu. Sementara yang diunduh secara legal dalam setahun hanya 15 juta lagu. Akibatnya, kerugian yang diderita industri musik sekitar Rp 12 triliun setahun.

Sam semakin prihatin karena perilaku tidak jujur itu meluas di berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
”Kalau kita tidak punya lagi kejujuran dan rasa malu, mau dibawa ke mana bangsa ini?” katanya.

Terusik oleh situasi tersebut, Sam bersama Acil dan Jaka dalam Bimbo telah menyiapkan sebuah lagu yang bertema runtuhnya kejujuran dan hilangnya rasa malu dari bangsa ini.

”Lirik lagu bertema cinta sudah tidak gereget lagi. Kami sudah kakek-kakek, he-he-he...,” kata Sam. (SF/XAR)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X