Wajah Sepak Bola Indonesia di Layar Hanung

Kompas.com - 21/06/2011, 07:44 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com — Karut-marut organisasi sepak bola di Indonesia diangkat sutradara Hanung Bramantyo (35) ke dalam film berjudul Tendangan dari Langit.

Namun, menurut Hanung, Tendangan dari Langit sejatinya merupakan buah pikir Timo Scheunemann, pelatih klub  Persatuan Sepak Bola Malang (Persema). ”Kemudian saya jadikan naskah bersama Fajar Nugros,” tutur Hanung.

Yang terlibat di dalam film yang pengambilan gambarnya sudah selesai 60 persen dan dijadwalkan berakhir 21 Juli mendatang itu, antara lain, dalang Sudjiwo Tedjo, pelawak Tarzan, Irfan Bachdim, dan Jeffrey Kim Kurniawan.

Dua yang disebut terakhir adalah pesepak bola binaan Timo. Namun, karena Persema merupakan klub anggota Liga Primer Indonesia, nasib Irfan dan Kim di tim nasional pun terkatung-katung. Ini juga disinggung dalam film.

Sebagian besar shooting Tendangan dari Langit di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. ”(Di film ini) Sudjiwo Tedjo menjadi mantan pemain sepak bola yang kesal dan frustrasi atas kondisi organisasi sepak bola di Indonesia,” katanya.

Hanung menambahkan, terdapat adegan yang mengharuskan Tedjo naik kuda sehingga selama seminggu dia dipaksa berlatih sendirian. Wah, ya... repot. Kalau disuruh meniup saksofon, mungkin lebih oke. (POM)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.