Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Sepak Bola Indonesia di Layar Hanung

Kompas.com - 21/06/2011, 07:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Karut-marut organisasi sepak bola di Indonesia diangkat sutradara Hanung Bramantyo (35) ke dalam film berjudul Tendangan dari Langit.

Namun, menurut Hanung, Tendangan dari Langit sejatinya merupakan buah pikir Timo Scheunemann, pelatih klub  Persatuan Sepak Bola Malang (Persema). ”Kemudian saya jadikan naskah bersama Fajar Nugros,” tutur Hanung.

Yang terlibat di dalam film yang pengambilan gambarnya sudah selesai 60 persen dan dijadwalkan berakhir 21 Juli mendatang itu, antara lain, dalang Sudjiwo Tedjo, pelawak Tarzan, Irfan Bachdim, dan Jeffrey Kim Kurniawan.

Dua yang disebut terakhir adalah pesepak bola binaan Timo. Namun, karena Persema merupakan klub anggota Liga Primer Indonesia, nasib Irfan dan Kim di tim nasional pun terkatung-katung. Ini juga disinggung dalam film.

Sebagian besar shooting Tendangan dari Langit di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. ”(Di film ini) Sudjiwo Tedjo menjadi mantan pemain sepak bola yang kesal dan frustrasi atas kondisi organisasi sepak bola di Indonesia,” katanya.

Hanung menambahkan, terdapat adegan yang mengharuskan Tedjo naik kuda sehingga selama seminggu dia dipaksa berlatih sendirian. Wah, ya... repot. Kalau disuruh meniup saksofon, mungkin lebih oke. (POM)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com