Menyerap Energi Bromo

Kompas.com - 10/07/2011, 03:47 WIB
Editor

Setelah tampil di Berlin, Jerman, akhir Juni, Maya Hasan (39) menyuguhkan komposisi harpa di lereng Gunung Bromo, Jawa Timur, dalam perhelatan Jazz Gunung, Sabtu (9/7) malam. Dinginnya udara Bromo pada malam itu—apalagi dengan panggung di ruang terbuka— dipastikan Maya lebih menggigit dari dinginnya Berlin pada bulan Juni.

”Jauh-jauh hari saya sudah menyiapkan kostum jaket khusus untuk manggung di sini,” ujar Maya sesaat setelah tiba di Bromo. Namun, panggung berlatar puncak Bromo dalam dingin yang menggigit—bagi Maya—seolah memberi pengalaman ”meditasi” di atas pentas.

Setiap kali naik pentas, dalam ruangan sekali pun, ia selalu menyempatkan diri beberapa saat menyerap energi dan mood suasana di sekitarnya. ”Sebenarnya kita bisa merasakan di sekitar kita apakah ada energi positif atau energi yang kurang baik. Tipe penonton yang berbeda juga membutuhkan cara bermain yang berbeda meskipun lagunya sama,” ujar Maya.

Bayangkan, betapa melimpah ”energi” yang dialirkan Gunung Bromo kepada Maya. Sabtu pagi, sebelum pentas pada malam harinya, Maya memastikan tak melewatkan pemandangan matahari terbit di Bromo. Keindahan pagi itu juga akan jadi energi bagi Maya memainkan komposisi harpa ”Rising Sun” dan ”Savana” dalam kolaborasi dengan Kua Etnika. (DAY)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.