Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpilih Pemain Film untuk "Negeri 5 Menara"

Kompas.com - 20/07/2011, 13:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah perjalanan panjang proses casting dan open casting film layar lebar Negeri 5 Menara, akhirnya terpilihlah enam pemeran yang akan menjadi Sahibul Menara di film Negeri 5 Menara, yang akan tayang di awal tahun 2012 nanti.

Proses casting yang berjalan sejak awal April 2011 hingga Juni 2011 itu dilakukan di enam kota, antara lain Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.    Antusias publik untuk terlibat dalam kegiatan ini cukup besar. Terbukti, tak kurang dari 2.000 peserta mengikuti proses casting yang berlangsung selama tiga bulan.

Film Negeri 5 Menara merupakan adaptasi dari novel laris  karya A. Fuadi yang telah memenangkan berbagai penghargaan seperti Anugerah Pembaca Indonesia dan nominasi Khatulistiwa Literary Award.

Menurut casting director Shakti Harimurti, beberapa nama yang terpilih sudah melalui proses yang ketat. "Karena film ini bermulai dari sebuah novel, pastinya harus ada penggambaran karakter yang tepat. Setelah menjalani proses screen test beberapa kali, merekalah yang pas untuk peran-peran tersebut," ujar Shakti dalam rilis yang dikirmnya kepada Kompas.com, Rabu (20/7/2011).

Para pemeran yang terpilih umumnya pemain baru yang nanti akan bermain bersama aktor-aktor senior Indonesia. Mereka adalah: Gazza Zubizzaretha (Alif), Ernest Samudera (Said), Billy Sandi (Baso), Rizki Ramdani (Atang), Aris Adnanda Putra (Dulmadjid), Jiofani Lubis (Raja), Eriska Rein (Sarah), dan Meirayni Fauziah (Nissa).

Susunan keenam anak ini memang sangat unik karena memiliki latar belakang budaya yang berbeda seperti pada penggambaran pada Novel. Terlebih lagi, masing-masing harus mempunyai logat dari daerah asal mereka. "Untuk cast film Negeri 5 Menara ini, kami berusaha mengambil potensi talenta dari daerah-daerah yang memang sesuai dengan cerita pada novel," ujar Salman Aristo, salah satu produser dan penulis skenario film ini.

"Hal seperti ini penting, karena mereka punya keluwesan dan karakter khusus khas daerahnya masing-masing," tambahnya.

Terpilihnya pemeran Sahibul Menara ini membuat gembira A. Fuadi, penulis buku terlaris penerbit Gramedia Pustaka Utama dalam 37 tahun terakhir ini. "Alhamdulillah, saya bersyukur karena tim film berhasil menemukan fresh talent untuk sahibul menara. Semoga bakat-bakat baru ini bisa menjiwai 'man jadda wajada' yang jadi spirit novel saya, Negeri 5 Menara," ujarnya antusias.

Sejak 5 Juli 2011, para peserta yang terpilih telah mendapatkan workshop akting dan reading untuk pendalaman karakter, pengadeganan dan latihan akting dasar lainnya. Proses syuting sendiri akan dimulai pada awal bulan Agustus 2011 hingga pertengahan September 2011. Seperti apa hasilnya? Yuk kita tunggu akting mereka di awal 2012 lewat film Negeri 5 Menara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com