Konser "Because of Love" Yockie Suryoprayogo

Kompas.com - 21/07/2011, 21:29 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kebudayaan pop yang sekarang tumbuh lebih banyak didasari oleh muatan dagang. Sementara unsur sosial dan budaya justru tenggelam di bawah bayang-bayang ekonomi dan politik semata.  

Kondisi inilah yang memunculkan keprihatinan musisi, pencipta lagu, music director dan arranger  Yockie Suryoprayogo. Tak sekadar berwacana, Yockie pun mengajak sejumlah kawan yang memiliki keprihatinan sama dengan menggelar sebuah konser mini bertajuk Because of Love, yang digelar di Nan Xiang Executive Ballroom, Lobby Lagoon Tower, 29 Juli nanti.

"Generasi pop adalah ujung tombak perubahan. Sayangnya, sekarang ini lebih didominasi kepentingan dagang, sosial budayanya tidak ada. Sekarang ini, berbeda dengan kondisi dulu. Di Yogya ada Ebiet G Ade, Bandung ada Bimbo, dan Surabaya ada Leo Kristi. Pertumbuhan budaya pop begitu sehat dan bermakna saat itu. Pop sangat bermanfaat bagi kebudayaan dan peradaban," jelasnya.

Konser inilah, yang diharapkan Yockie bisa menjadi trigger (pemicu) untuk menghadirkan pop yang utuh. "Saya ingin bergerak untuk mengisi dan menghadirkan pop yang utuh, tidak hanya sekadar berorientasi bisnis semata. Saya berharap menciptakan keseimbangan. Ini upaya saya membangun komunitas yang mendalami musik secara serius," katanya.

Dalam konsernya nanti, sejumlah musisi dan penyanyi lintas generasi pun digaet Yockie. Mereka adalah gitaris Eet Sjahranie, Rere "Blackout", Edi Kemput, Indro Hardjo Dikoro, Oni Krisnerwinto, Ervin "Edane", Aning Katamsi, Syaharani, Fariz RM, Ariyo "The Dance Company", Mel Shandy, hingga Reza "Gribs".

Sejumlah komposisi pun telah disiapkan Yockie dalam pementasannya nanti, dari mulai lagu "Selamat Jalan Kekasih", "Juwita", "Malam Pertama" hingga "Badai Pasir Berlalu". "Tak hanya menghadirkan lagu-lagu tersebut, pada konser nanti saya juga akan menyampaikan apa yang melatarbelakangi lahirnya lagu-lagu itu, sehingga penonton tahu seperti apa proses kreatif di balik lagu-lagu itu," jelasnya.

Yockie menjamin lagu-lagu yang akan dihadirkan nanti adalah lagu-lagu yang easy listening, yang mengajak penontonnya untuk bernostalgia. "Dijamin bukan lagu-lagu yang berat. Makanya, kita menghadirkan lagu-lagu bernuansa cinta, seperti lagu-lagu yang ada di album Chrisye," katanya.   Konser Because of Love, lanjut Yockie, akan menjadi proyek percontohan. Jika konser tersebut sukses, bukan tidak mungkin konser akan dilanjut di dua kota di Indonesia lainnya.  "Di konser ini, saya ingin ajak kalangan atas untuk lebih memfasilitasi ruang berkesenian dan bersama-sama mengisi generasi pop yang punya makna bagi kebudayaan dan peradaban," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda berminat menyaksikan konser mini Yockie dan rekan-rekannya, cukup mengeluarkan kocek untuk harga tiket yang dibandrol hanya sebesar Rp200.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.