Jejak Kehidupan Amy Winehouse

Kompas.com - 24/07/2011, 02:46 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LONDON, KOMPAS.com — Penyanyi Inggris, Amy Winehouse, ditemukan tewas di apartemennya di London utara pada Sabtu (23/7/2011). Penyanyi yang terkenal dengan lagu "Rehab" ini meninggal dalam usia 27 tahun.

Berikut beberapa detail tentang hidupnya:

Winehouse lahir pada 14 September 1983 dari keluarga Yahudi yang gemar dengan musik jazz. Bakatnya ditemukan oleh penyanyi Tyler James ketika dia berumur 16 tahun, dan pada 2003 album debut Winehouse berjudul Frank dirilis. Ternyata sambutannya sangat positif sehingga dia kembali membuat album kedua, Back to Black, yang dirilis pada Oktober 2006, dan mencapai tangga nomor satu.

Sayang, Winehouse mulai tersandung heroin dan obat-obatan, yang membuat reputasinya mulai redup. Meskipun single-nya berjudul "Rehab" sangat digilai, tetapi karena kelakuannya tersebut membuat dia mulai ditinggal penggemar.

Hal tersebut bisa dilihat dari reaksi penonton dalam konsernya setelah dia dan suaminya, Blake Fielder-Civil, ditahan pada Oktober 2007—Winehouse dan Blake akhirnya cerai pada 2009—karena tertangkap mengonsumsi marijuana di sebuah hotel di Norwegia. Waktu itu, Winehouse dicemooh sebagai reaksi penolakannya di atas panggung.

Dua bulan setelah ditangkap, Winehouse berpose seksi di sebuah jalan di London untuk kepentingan fotografi. Dia hanya mengenakan jeans dan bra, dan terlihat bingung.

Meskipun mendapat penolakan untuk masuk ke Amerika Serikat, bukan berarti Winehouse tak bisa diakui dunia. Nyatanya, dia berhasil menyabet lima penghargaan Grammy pada Februari 2008, dari enam nominasi yang diraih. Dia juga sempat tiga kali masuk nominasi penghargaan Ivor Novello, termasuk pada Mei 2008.

Untuk urusan kekayaan, nama Winehouse juga tak ketinggalan. Berdasarkan daftar pemusik terkaya yang dikeluarkan Sunday Times, nama Winehouse juga ada, dengan kekayaan yang dimilikinya diperkirakan mencapai 10 juta poundsterling (sekitar Rp 138,908 miliar).

Pada tahun 2010, Winehouse mengaku bersalah di Pengadilan Magistrate Milton Keynes. Winehouse telah menyerang manajer teater Richard Pound setelah mengganggu pertunjukkan "Cinderella" di Milton Keynes Theatre di Inggris tengah pada 19 Desember. Dia ditangkap empat hari kemudian.

Pada Juni 2011, Winehouse membatalkan semua rencana konsernya setelah baru-baru ini dicemooh fans di Serbia karena penampilannya yang dinilai seronok. Berita kurang bagus lainnya adalah dia juga sempat kecanduan obat-obatan lagi sehingga harus masuk klinik rehabilitasi dan baru keluar pada awal bulan lalu untuk bangkit lagi.

Sayang, sebelum bersinar lagi setelah sempat redup akibat kehidupannya yang kontroversial itu, Winehouse justru sudah harus menutup usianya. Belum ada konfirmasi secara pasti apa penyebab kematiannya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X