Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Dihapus, Sampul Album Nirvana Dipasang Lagi oleh FB

Kompas.com - 29/07/2011, 11:19 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -- Sampul album lama Nirvana Nevermind (1991), yang telah dihapus oleh pihak Facebook (FB) dari fan page resmi Nirvana pada 25 Juli 2011, akhirnya oleh pihak FB dipasang kembali sejak 27 Juli 2011.   

Foto seorang bayi lelaki sedang berenang di dalam air mengejar selembar dollar AS itu telah menjadi ikon. Tapi, karya seni tersebut sempat dihapus dari fan page resmi Nirvana di FB, sesudah foto itu dipublikasi untuk memperingati 20 tahun rilis album tersebut.

Namun, meskipun foto itu sudah dipasang kembali oleh pihak FB, para pengunjung setia fan page resmi Nirvana pada Rabu itu tidak bisa melihat foto tersebut pada 27 Juli 2011.

Ketika menghapus foto itu, pihak FB mengklaim bahwa publikasi foto tersebut telah melanggar ketentuan penggunaan foto di FB. "Facebook does not allow photos that attack an individual or group, or that contain nudity, drug use, violence or other violations of the Terms of Use," begitu isi ketentuan itu.

Foto tersebut kemudian dipasang kembali oleh pihak FB. Tapi, pihak FB menekankan bahwa mereka tidak bertanggung jawab untuk pelarangan sementara itu, karena foto bayi telanjang tak termasuk dalam ketentuan mengenai penggunaan foto telanjang.

Seorang perwakilan FB mengatakan, "Foto pada sampul album 'Nevermind' sebenarnya tidak melanggar ketentuan-ketentuan Facebook. Mengapa? Begini--jika seorang orangtua ingin berbagi foto-foto seorang bayi yang baru lahir dengan  kakek-nenek mereka, kami tidak ingin mereka tak bisa berbagi foto-foto itu di Facebook." 

Sementara itu, bayi lelaki yang berpose untuk foto tersebut 20 tahun lalu, Spencer Elden, tidak memasalahkan foto itu digunakan di FB. "Banyak orang di dunia sudah melihat 'anu' saya. Keren," ujarnya.

Album Nevermind akan dirilis ulang pada September 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com