Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Biennale Bumikan Seni

Kompas.com - 30/07/2011, 03:29 WIB

Jakarta, Kompas - Dengan maksud membumikan kesenian, panitia pameran seni rupa kontemporer Jakarta Biennale akan menggelar karya di sejumlah lokasi publik. Mengusung tema ”Jakarta Maximum City: Survive or Escape”, para kurator mengajak seniman merespons fenomena ”sesak” Jakarta.

Pameran karya, antara lain, akan digelar di pusat perbelanjaan, taman kota, kampung, stasiun, terminal, sungai, jalan, museum, dan galeri pada puncaknya selama rentang November 2011 hingga Januari 2012. Namun, sejak Juli ini, panitia mulai menggelar pertunjukan musik, teater, tari, dan pemutaran film.

Sekretaris Dewan Kesenian Jakarta, Abduh Aziz, di Jakarta, Jumat (29/7), mengatakan, tema kegiatan tersebut menggambarkan sebuah kondisi kota yang sesak, tetapi bagi banyak orang tetap menjadi daya tarik.

Berbeda dengan ajang serupa sebelumnya, Jakarta Biennale ke-14 ini melibatkan dua jurnalis, yakni Ilham Khoiri (harian Kompas) dan Seno Joko Suyono (majalah Tempo), sebagai kurator. Menurut Abduh, pelibatan itu karena jurnalis menghubungkan seniman dan karyanya dengan masyarakat.

Jakarta Biennale kali ini juga terasa unik karena untuk pertama kalinya karya seni rupa para penyandang skizofrenia juga akan ditampilkan. Para perupa tersebut tergabung dalam Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia dan Perhimpunan Jiwa Sehat.

”Ada dua agenda yang kami persiapkan, yaitu melukis bersama saat ’Hari Bebas Kendaraan Bermotor Jakarta’ pada akhir September. Kemudian pameran karya lukis di Taman Ismail Marzuki,” kata Ketua Umum Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Bagus Utomo.(MKN/NAW)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com