Penghargaan "The Heart of Sarajevo" untuk Angelina Jolie

Kompas.com - 02/08/2011, 10:17 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktris Hollywood Angelina Jolie (36) meraih penghargaan di Festival Film Sarajevo di Bosnia pada 30 Juli lalu. Penghargaan The Heart of Sarajevo diberikan kepada Jolie berkat film In The Land of Blood and Honey yang disutradarainya.

Bintang Tomb Raider ini mendapat tepuk tangan meriah ketika menerima penghargaan. ”Aku akan terus menangis jika Anda tidak berhenti. Aku sangat tersanjung untuk berada di sini, di festival ini,” kata Jolie yang datang bersama kekasihnya, Brad Pitt, ke Bosnia.

Film tentang penderitaan pengungsi perang Bosnia itu dibuat oleh Jolie untuk mengingatkan masyarakat akan apa yang terjadi selama perang Bosnia, 1992-1995.

”Tidak ada yang lebih kuat daripada seniman dan festival yang dimulai selama perang dan terus tumbuh kuat setiap tahun,” ungkap Jolie.

Sebagai sutradara dan Duta Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi, Jolie beberapa kali berkunjung ke Bosnia. Dalam proses pembuatan filmnya, izin Jolie di Bosnia sempat ditolak. Izin Jolie untuk pengambilan gambar di Sarajevo dan pusat kota Zenica dibatalkan otoritas Bosnia. Hal itu menyusul keberatan asosiasi para perempuan korban perang pada isi film yang mengisahkan cerita cinta antara korban Muslim dan seorang pemerkosa dari Serbia. (WENN/SIE)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X