Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didi Petet: Puasa Sambil Itikaf

Kompas.com - 09/08/2011, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya umat muslim lainnya yang menjalankan ibadah puasa, aktor kawakan Didi Widiatmoko atau biasa disebut Didi Petet mengaku tidak ada sesuatu yang berbeda dengan puasa tahun lalu. Menurutnya, puasa diartikan sebagai suatu perintah dari sang pencipta yang wajib untuk dijalankan sebagai umat muslim.

“Buat saya maknanya sama saja. Nggak ada maknanya harus apa gitu. Buat saya, ini ibadah yang harus kita laksanakan,” ucapnya saat ditemui di sela-sela acara “Obrolan Sehat Ramadhan bersama Lifebuoy” di Jakarta, Senin, (8/8/2011).

Namun, ada satu hal yang mungkin tidak pernah diketahui sebelumnya, bahwa ternyata Didi Petet beserta keluarga punya suatu kebiasaan di bulan puasa yakni melakukan  iktikaf. Kegiatan ini menurutnya bukanlah yang pertama kali. Pasalnya, hal tersebut sudah sejak lama dia lakukan bersama keluarga terutama di saat bulan puasa.

“Biasa kita lakukan malam dari habis magrib, isya sampai subuh di masjid dekat rumah bersama dengan keluarga. Sudah sejak tahun 85 sampai sekarang,” ujarnya.

Pria yang lahir di Surabaya 55 tahun silam ini mengaku sudah menanamkan kebiasaan untuk melakukan itikaf kepada anak-anaknya sejak masih kecil. Menurutnya, banyak hal yang dia dan keluarga dapat lakukan saat melakukan itikaf di antaranya adalah mengaji, belajar Alquran, dan berdoa.

“Anak-anak kebetulan senang, dan suka berlama-lama di masjid. Kita buat suasananya senang,” tambahnya.

Ketika disinggung soal rencana Lebaran tahun ini, Didi mengatakan, tidak akan pergi mudik karena kebetulan mertuanya sedang ada di rumah. “Karena kebetulan mertua saya di rumah, jadi nggak ada mudik. Di rumah saja nunggu saudara-saudara datang,” jelasnya.

Aktor yang terkenal lewat film  Catatan Si Boy dan  Kabayan  ini mengaku sudah cukup lama tidak mudik ke kampung halaman sejak tahun 1995 sampai sekarang, karena mertuanya sudah pindah ke rumah. Terakhir kali dia dan keluarga mudik adalah tahun 90an di mana saat itu mertuanya masih tinggal di Serang, Banten.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com