Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuges: Budjana "Umpetin" Gitar Bikinan Saya

Kompas.com - 21/08/2011, 07:45 WIB

SUKOWATI, KOMPAS.com — Ada satu gitar berukir karya pemahat ulung asal Bali, I Wayan Tuges, yang disimpan rapi oleh gitaris band GIGI, I Dewa Gede Budjana, di sebuah tempat. Menurut Tuges, Budjana sangat mencintai gitar spesial bikinannya itu.

"Budjana sudah banyak pakai gitar dari saya. Malah ada satu gitar bikinan saya yang dia umpetin," kisah Tuges sambil tertawa terkekeh-kekeh ketika Kompas.com mampir ke workshop Blueberry, usaha gitar berukirnya, di Jalan Baruna Nomor 5, Desa Guwang, Sukowati, Gianyar, Bali, beberapa waktu lalu.

Saking mencintai gitar tersebut, sepengetahuan Tuges, Budjana hanya menggunakannya beberapa kali, yang terakhir dalam videoklip "Gitarku: Hidupku, Kekasihku". "Kan enggak mungkin dia main gitar itu buat main sama GIGI. Mungkin sewaktu-waktu saja. Itu kan jagoan dia, yang pernah dipakai di videoklip 'Gitarku: Hidupku, Kekasihku'," lanjut Tuges.

Belakangan, bukan Budjana saja yang menyukai gitar yang 100 persen dikerjakan dengan tangan itu. "Selain Budjana, Eros Djarot dan Balawan juga pesan di sini. Balawan tahu tempat saya karena dikasih tahu sama Budjana," kata Tuges.

Namun, kadang kala calon pembeli justru gigit jari begitu mengetahui harga yang dipasang Tuges untuk sebuah gitar berukirnya. "Saya juga pernah ditelepon Tohpati. Dia bilang gitar saya berapa harganya, saya kasih dia link www.blueberry.com, lalu dia bilang, 'Kalau 3.000 dollar AS bukan kelas saya,'" ujar Tuges menirukan ucapan Tohpati. "Saya bilang, '3.000 dollar AS ini kan karya anak bangsa.' Ya, bagi saya kadang bukan soal harga, tapi lebih ke pertemanan. Seperti Budjana, kalau saya bikinkan gitar, paling saya dapat terima kasih," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com