"Tendangan dari Langit", Mimpi untuk Timnas Indonesia

Kompas.com - 23/08/2011, 13:33 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dunia pesepakbolaan Tanah Air kembali dimeriahkan dengan film bertema dunia sepakbola. Setelah Garuda di Dadaku, kini sutradara muda kenamaan Hanung Bramantyo menyajikannya lewat film Tendangan dari Langit. Film ini mencoba menghadirkan harapan terhadap kesuksesan persepakbolaan Indonesia yang bermimpi bisa merasakan gegap gempitanya Piala Dunia.

"Kita memimpikan Indonesia masuk Piala Dunia. Itu kebanggaan yang besar untuk negeri ini," ujar Hanung dalam wawancara usai penayangan perdana film Tendangan dari Langit, di Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2011).

Film Tendangan dari Langit yang bercerita tentang seorang anak dari desa Langitan yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola itu, boleh jadi kegundahan seorang Hanung juga masyarakat Indonesia yang rindu akan prestasi sepakbola Tanah Air. Diputarnya film ini bukan pula  memanfaatkan momentum tim nasional Indonesia yang akan berlaga di kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

"Bukan memanfaatkan, tapi sebuah reaksi dari keinginan begitu dalam dari dulu. Kalau menang, kalah, bukan yang direkayasa," ulasnya. "Tendangan dari Langit merupakan metafora bahwa langit sebuah impian, kemenangan. Menang itu sebuah impian."

Selain itu, Tendangan dari Langit juga didukung oleh pesepakbola seperti Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan untuk menghidupkan jalan cerita. "Piala AFF kemarin Irfan, Bepe (Bambang Pamungkas), dan lain-lain mereka jadi ikon baru remaja. Bukan karena mereka ganteng tapi mereka bisa menunjukkan performa yang baik," kata Hanung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.