Atiqah Hasiholan Korban Ketupat Basi

Kompas.com - 02/09/2011, 09:17 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

KOMPAS.com — Aktris cantik Atiqah Hasiholan (28) sempat bingung memutuskan kapan akan berlebaran. Apakah Selasa (30/8/2011) seperti yang dilakukan umat Muhammadiyah, atau Rabu (31/8/2011) seperti yang diputuskan pemerintah berdasarkan sidang isbat.

"Soalnya aku enggak tahu teknis penentuannya seperti apa. Seribet apa. Aku sampai menonton TV supaya tahu bagaimana teknis penentuannya," ungkap Atiqah. Akhirnya, Atiqah memilih berlebaran pada hari Rabu seperti yang dilakukan saudara-saudara yang dituakan di keluarganya. "Allah pasti tahulah alasan kita," kata Atiqah.

Karena Lebaran pada hari Rabu, mau tidak mau, Atiqah menjadi salah satu korban ketupat basi. "Kan hari Senin ketupat udah siap. Hari Rabunya, pas Lebaran, ketupatnya jadi udah lembek," ujar Atiqah kecut. Baginya, hal itu bukan persoalan besar. Namun, tidak bagi sebagian besar warga tak mampu yang tinggal di sekitar rumahnya.

"Aku sempat ngobrol sama tetanggaku. Banyak yang udah beli daging 1 kg, tadinya mau untuk Lebaran. Namun, daging habis untuk sahur terakhir karena Lebaran mundur. Mau beli lagi enggak bisa," tutur Atiqah.

Di antara kisah pahit seperti yang dialami warga di sekitarnya, Lebaran bagi aktris yang juga seorang model ini adalah sebuah momen istimewa. Salah satu tradisi yang tidak pernah dilewatkan adalah open house khusus untuk keluarga dari ibunya, Ratna Sarumpaet, yang non-Muslim.

"Biasanya dilakukan pada hari kedua dan tiap tahun selalu ada. Jadi, keberagaman itu sangat terasa," ujar Atiqah bangga dan bahagia. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X