Kamga "Tangga": Tak Cukup 360 Hari

Kompas.com - 09/09/2011, 16:45 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mohammed Kamga, personel grup vokal Tangga, yang kini tengah menekuni bidang barunya dengan menjadi pembawa acara Explore Indonesia dari KompasTV, berpendapat bahwa tak cukup 360 hari untuk mengulik kekayaan alam dan budaya Indonesia.

"Menurut saya, buat apa wisata sampai ke luar negeri? Di dalam negeri pun masih sangat banyak tempat yang pastinya belum pernah terjamah banyak wisatawan. Saya juga bisa pastikan, dalam waktu 360 hari dalam setahun pun enggak akan cukup buat mengulik keseluruhan isi daerah-daerah di Indonesia," tutur Kamga ketika ditemui di sela persiapan peluncuran program-program KompasTV, Kamis (8/9/2011), di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Penyanyi ini pun berpendapat, adalah keliru jika selama ini orang menganggap bahwa Jakarta merupakan pusat Indonesia. Kamga merasakan bahwa Indonesia bagaikan bukan hanya satu negeri, melainkan banyak negeri, karena keragaman alam dan budayanya.

Selaku pembawa acara Explore Indonesia, Kamga juga merasa bahwa program tersebut berbeda dengan program-program travel di layar kaca yang lain. "Explore Indonesia ini suatu program TV di mana kita mendatangi tempat-tempat lama untuk mencari hal-hal baru. Misalnya, saya pergi ke Bali, saya enggak cari pantai, tapi saya cari wisata agama Hindu dan mencari tempat-tempat lain yang enggak ada hubungannya dengan pantai. Terus, kalau ke Yogya, saya enggak cari candi, tapi saya cari pantai," jelasnya.

Kamga berharap agar setiap orang yang memirsa program tersebut bisa merasakan apa yang dirasanya selama menjelajah keragaman yang ada di Indonesia. "Saya berharap orang yang menonton acara ini bisa merasakan apa yang saya rasakan di sana, gimana penonton bisa merasakan interaksi sosial antara saya dengan orang-orang sekitar. Kalau alam, itu kan urusan kamera ya?" ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.