Glenn Fredly Suarakan Semangat "Pela Gadong"

Kompas.com - 14/09/2011, 07:47 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS -- Penyanyi asal Maluku, Glenn Fredly (35), rela ”mengamen” pagi-pagi di Studio Hijau Kompas untuk mengajak masyarakat Ambon mempertahankan budaya pela gandong atau budaya persatuan kakak-adik, Selasa (13/9/2011).

Dalam lirik lagunya, dia mengingatkan, Maluku adalah tanah pusaka yang indah dan harus dijaga dengan semangat persatuan.

Glenn langsung setuju dan bersedia hadir tepat pukul 05.30 demi Ambon yang damai. Glenn, yang di tanah leluhurnya membentuk komunitas Rumah Beta, hadir tepat waktu dengan gitarnya.

Dalam wawancara yang disiarkan secara langsung di beberapa stasiun televisi lokal, Glenn mengaku sangat terkejut ketika membaca kabar melalui Twitter mengenai ketegangan yang terjadi di Kota Ambon.

Dia tidak terpancing dengan pesan-pesan yang muncul, tetapi langsung mengajak orang-orang Maluku yang mengikuti perkembangan di dunia maya agar turut menenangkan keadaan.

”Kita sebagai orang Maluku harus membuat keadaan menjadi lebih baik. Lagi pula, orang Ambon sudah punya pengalaman. Jadi, saya sangat yakin, kejadian di Ambon bukan keinginan masyarakatnya,” ujar pemilik album Lovevolution itu.

Tradisi pela gandong, lanjutnya, merupakan pesan bagi generasi muda untuk tetap bersatu. (BOY)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.