Jelang Album, The Fly Jual "Single" Lewat iTunes

Kompas.com - 15/09/2011, 16:41 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com --  Ada kabar baik bagi para penggemar The Fly. Setelah mengumumkan sudah kembali ke industri musik Tanah Air dengan merilis sebuah single pada awal 2011, band modern rock yang dibentuk di Jakarta pada 1994 ini menjual sebuah single lagi di Asia Pasifik melalui iTunes dan menjadwalkan akan mengeluarkan album terbaru alias album keenam mereka di dalam negeri pada Oktober tahun ini.

"Kami awal tahun ini telah merilis single baru, "Sang Penyelamat". Saat ini kami sedang menunggu cover album itu selesai. Semua lagu dalam album itu sudah siap. September ini kami akan memastikan. Kalau jadi, Oktober 2011 kami akan launching album baru," terang Kin Aulia, gitaris The Fly, yang datang bersama tiga rekan The Fly-nya ke kantor Kompas.com, Jakarta, Rabu (14/9/2011) siang.

Album berjudul A New Beginning from Another Beginning's End itu, oleh grup yang terdiri dari Kin, Adithya Nugraha atau Adith (keyboard),Pahlevi Indra Santoso atau Levi (bas),dan vokalis baru Teddy Suryaman ini direncanakan akan berisi 10 lagu. Kebanyakan lagunya--enam dari 10--memiliki lirik berbahasa Inggris. Selebihnya, berbahasa Indonesia.

"Kami memang mau go international. Lagian, Teddy lancar menyanyikan lagu-lagu dengan lirik berbahasa Inggris. Saat menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris, Teddy sudah seperti orang asing yang sedang berbahasa Inggris," terang Kin.

Dari album tersebut, ada dua lagu yang telah diluncurkan ke industri musik digital sebagai single, yaitu  "Sang Penyelamat" dan "Silenced". "Sang Penyelamat" dirilis di Indonesia sejak awal 2011 oleh Falcon Music, label rekaman dalam negeri yang mengontrak The Fly untuk dua album; sedangkan "Silenced" dikeluarkan di luar Indonesia mulai awal September tahun ini. "Silenced" bisa diunduh di iTunes atas kerja sama The Fly dengan Valleyarm, distributor musik digital untuk kawasan Asia-Pasifik yang berpusat di Australia.  

Kedua single itu sudah memiliki klip video. Klip video "Silence"d hanya dipublikasi melalui youtube, karena mereka khawatir akan menimbulkan pertentangan. "Temanya memang dark. The Fly memang lebih ke lagu cinta yang ending-nya tragis, cinta enggak biasa. Video clip 'Silenced' memang agak surealis. Enggak tahu deh bisa tayang di Indonesia atau enggak. Memang ada cewek cantik di situ, tapi di akhirnya ada adegan yang sedikit melibatkan darah. Di video clip  'Terbang' (hit pertama The Fly, dirilis pada 2000) saja, ada cewek yang digotong terus dihanyutkan ke laut. Secara visualisasi harus berbeda," terang Levi, yang menjadi sutradara klip video "Silenced", yang shooting-nya dilakukan di Australia.

Meskipun menurut The Fly industri musik dewasa ini sudah menjadi industri musik digital, band tersebut tetap akan merilis album. "Kami bikin album ini karena memang ingin mempersembahkannya bagi para penggemar. Lagian, kami band lama, kalau enggak  mengeluarkan album agak aneh," ujar Kin. "Memang, yang dijual lebih ke single per single, terutama di internet. Meski begitu, kami tetap ngeluarin album. Masih ada kok pembeli album kaset atau CD, terutama penggemar, untuk collector item," ujar Kin lagi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X