India "Dijajah" Zombie

Kompas.com - 18/09/2011, 09:39 WIB
EditorLaksono Hari W

MUMBAI, KOMPAS.com - Ini kabar gembira untuk Anda yang gemar menonton film India. Industri film Bollywood akan meluncurkan film zombie pertama untuk mengikuti jejak sukses film-film Hollywood.

Film dengan judul Shaadi of the Dead akan dirilis tahun depan dan berkisah tentang mayat hidup atau zombie yang mengganggu upacara pernikahan sepasang kekasih. Film ini dibintangi oleh aktor ganteng Abhay Deol dan si cantik Genelia D'Souza, aktris pendatang baru yang sedang naik daun.

Film tersebut akan bersaing dengan film Go Goa Gone yang dimainkan oleh aktor Saif Ali Khan. Film ini berkisah tentang sekelompok anak muda yang melawan pasukan abadi di Goa, India.

Jenis film "rom-zom-com" (komedi-zombie-romantis) pernah diproduksi di Hollywood pada 2004 dan 2009. Film dengan "Shaun of the Dead" (2004) dibintangi Simon Pegg komik Inggris dan "Zombieland" (2009) melibatkan aktor Woody Harrelson.

Sutradara Navdeep Singh mengatakan, film zombie-komedi pertama di India ini dibuat sebagai alternatif tontonan baru di India. Ia berharap film tersebut tak hanya diminati kaum muda di negara tersebut, tapi juga masyarakat pencinta film India di negara lain.

"Kami merasa ini ide film zombie ini sangat segar. Ini akan jadi film zombie pertama India. Ini sesuatu yang belum pernah dicoba di industri film India, jadi kami merasa ini akan berhasil," katanya kepada AFP.

Singh mengakui bahwa film bergenre baru ini harus bersaing keras untuk merebut hati penonton. Selama ini film-film India lebih banyak dibumbui dengan kisah-kisah percintaan yang dimeriahkan dengan musik dan tari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 1970-an dan 1980-an, keluarga Ramsay menyutradarai serangkaian film murah bergenre horor, seperti "Hotel", "Purana Mandir", "Veerana", dan "Purani Haveli". Film-film ini menyisipkan nilai-nilai religi yang banyak digemari pencinta film di India.

Setelah Ramsay membuat film "Bandh Darwaza" pada tahun 1990, genre ini seperti mati suri. Pembuat film kembali ke tema lawas tentang romantisme.

Film-film horor mulai bangkit pada kurun dekade terakhir. Kali ini film-film tersebut memakai special effect yang lebih canggih. Ram Gopal Verma, misalnya, membuat "Bhoot" (Ghost) dan "Darna Mana Hai" pada tahun 2003 dan banyak memainkan aktor penting seperti Ajay Devgn, Saif Ali Khan, dan Shilpa Shetty. Saurab Narang juga menghasilkan "Vaastu Shastra" (2004) dan "Raaz" (2002), sementara sutradara Vikram Bhatt membuat "1920" dan dirilis pada tahun 2008. Bhatt juga merilis film 3-D horor "Haunted" tahun ini. Film-film itu mendapat sambutan positif dari penonton.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.