Jay Subiyakto: "Menginthil" Band Karimata

Kompas.com - 21/09/2011, 09:44 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penata panggung dan perancang artistik yang juga seorang arsitek Jay Subiyakto (51) adalah anggota keenam band Karimata. Setidaknya, begitu kata Erwin Gutawa, pemetik bas Karimata, ketika berlangsung acara kumpul Karimata, pekan lalu di Jakarta.

Saat itu berkumpul awak Karimata, yaitu Erwin Gutawa, Candra Darusman, Aminoto Kosin, Denny TR, serta Budi Haryono. Jay bercerita tentang masa 25 tahun lalu ketika band tersebut dibentuk.

”Saya kebetulan kuliah sama Erwin. Dia bilang mau bikin band. Karena saya tidak bisa main, ya saya cuma me-nginthil Erwin saja,” kata Jay yang bersama Erwin kuliah di Teknik Arsitektur Universitas Indonesia.

Nginthil adalah bahasa Jawa yang artinya mengikuti secara dekat dari belakang. Jay tentu hanya berseloroh. Nyatanya adalah Jay yang mendesain logo dan sampul album Karimata. Atas kapasitasnya itu, nama Jay tertulis dalam sampul album Pasti dan Biting.

”Waktu itu saya bilang, sebuah band perlu mendesain image. Dari nama band sampai desain panggung. Dalam perjalanannya, Karimata menjadi band yang punya karakter,” ujarnya.

Jay rupanya juga me- nginthil Karimata sampai ke North Sea Jazz Festival. Dia bangga dengan band yang ikut ia saksikan kelahirannya itu. ”Sekarang para anggota Karimata telah jadi musisi hebat...,” puji Jay. (XAR)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.