Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jay Subiyakto: "Menginthil" Band Karimata

Kompas.com - 21/09/2011, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penata panggung dan perancang artistik yang juga seorang arsitek Jay Subiyakto (51) adalah anggota keenam band Karimata. Setidaknya, begitu kata Erwin Gutawa, pemetik bas Karimata, ketika berlangsung acara kumpul Karimata, pekan lalu di Jakarta.

Saat itu berkumpul awak Karimata, yaitu Erwin Gutawa, Candra Darusman, Aminoto Kosin, Denny TR, serta Budi Haryono. Jay bercerita tentang masa 25 tahun lalu ketika band tersebut dibentuk.

”Saya kebetulan kuliah sama Erwin. Dia bilang mau bikin band. Karena saya tidak bisa main, ya saya cuma me-nginthil Erwin saja,” kata Jay yang bersama Erwin kuliah di Teknik Arsitektur Universitas Indonesia.

Nginthil adalah bahasa Jawa yang artinya mengikuti secara dekat dari belakang. Jay tentu hanya berseloroh. Nyatanya adalah Jay yang mendesain logo dan sampul album Karimata. Atas kapasitasnya itu, nama Jay tertulis dalam sampul album Pasti dan Biting.

”Waktu itu saya bilang, sebuah band perlu mendesain image. Dari nama band sampai desain panggung. Dalam perjalanannya, Karimata menjadi band yang punya karakter,” ujarnya.

Jay rupanya juga me- nginthil Karimata sampai ke North Sea Jazz Festival. Dia bangga dengan band yang ikut ia saksikan kelahirannya itu. ”Sekarang para anggota Karimata telah jadi musisi hebat...,” puji Jay. (XAR)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com