Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drive: Vokalis Baru, Era Baru

Kompas.com - 27/09/2011, 19:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mundurnya vokalis Edrian Aji Prihartanto alias Anji dari grup band Drive di tengah penggarapan album keempat pada Mei 2011 lalu, tak membuat Budi Raharjo (gitar), Ilhamsyah Dygo (bas), dan Adi Soekarno (drum) lantas kehilangan arah kemudi untuk memertahankan band berlogo tanda panah hijau itu.

Tak dipungkiri, Drive harus segera mencari vokalis baru untuk melewati masa krisis band. Sejumlah kriteria pun dipasang. "Kami mencari yang karakter vokalnya kuat, beda sama yang sebelumnya. Kedua, good attitude, artinya selain musik hal ini juga penting. Ketiga, usia enggak terlalu jauh dengan kami, biar nyambung kalau ngomongin musik. Terus good looking juga," kupas Adi dalam jumpa pers di Hard Rock Cafe Jakarta, Selasa (27/9/2011).

Dengan tiga personel yang tersisa, Drive langsung menggelar audisi terbuka untuk mengisi kekosongan posisi vokal. Akhirnya, dari kira-kira 200 vokalis yang mengikuti audisi tersebut, nama vokalis solo Takaeda lah yang terjaring menjadi pilihan utama Budi cs. "Semua kriteria dimiliki oleh Takaeda," imbuh Adi.

Bersama Takaeda, proyek album keempat Drive yang sempat tertunda pada Mei 2011 pun berlanjut di Juli 2011. "Kami menemukan Takaeda untuk menjadi vokalis, terus rekaman untuk album," jelas Budi.

Tak perlu waktu lama bagi Budi, Dygo, dan Adi untuk nyetel dengan vokalis baru mereka yang juga pernah mencipta lagu-lagu untuk Titi DJ, Audi, Astrid, dan Nindy.

Sejumlah sentuhan baru ikut disumbangkan Takaeda untuk album keempat Drive yang bertajuk Cahaya Terang. "Memang ada lagu yang kami bikin sebelum Takaeda masuk. Takaeda akhirnya nyiptain dua lagu. Kebetulan dia ini seorang komposer, gitaris juga, dan dia ikut aransemen," jelas Budi sekaligus memuji Takaeda.

Bagi Takaeda, pakem musik pop-rock Drive tak sulit untuk disesuaikan dengan karakter vokalnya. "Musiknya Drive sama band lama saya enggak jauh beda. Begitu masuk enggak terlalu sulit menyesuaikan diri. Semua ke-eksplore di sini, baik nyanyi maupun bikin lagu," tutur mantan vokalis band Human ini.

Dengan suntikan semangat baru dan karakter vokal yang baru, Drive akhirnya menyodorkan lagu 'Pencuri Hati' sebagai single jagoan di album keempatnya. "Sebagai vokalis baru dia memberi warna baru, fresh di lagu ini. Pas demo memang jadi terdengar lebih fresh. Akhirnya kami ambil ini karena lagunya ceria. Ini era baru Drive, dan lagu ini pas banget," tuntas Budi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com