Ria Irawan: Jurnalis Penulis Buku

Kompas.com - 30/09/2011, 11:01 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan
JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam film Arisan 2 besutan Nia Dinata, Ria Irawan (42) masih berperan sebagai wartawati bernama Yayuk Asmara, seperti pada film Arisan 1. Bedanya, di Arisan 2, si wartawati menerima banyak pesanan buku biografi orang-orang berduit yang ingin dianggap penting meski bukunya dibagi gratis kepada lingkungan dekatnya saja.

Dalam Arisan 2, daya kritis Yayuk sebagai wartawati merosot karena dia menulis untuk menyenangkan orang karena uang. ”Buat Yayuk, semua orang bisa jadi buku asal bisa bayar,” kata Ria.

Dia membantah jika karakter Yayuk itu bentuk sinisme. ”Apa sih idealisme kalau ujungnya juga duit? Menjual reality show atau cerita tentang kesedihan, horor, dan perjuangan yang katanya menggugah nurani, kan, ujungnya juga duit?” ujar Ria. Ia buru-buru menambahkan, ”Itu sikap Yayuk lho, tokoh imajiner dalam Arisan 2.”

Tawa lepasnya berhenti saat ditanya, ”Apakah tokoh imajiner itu ada di jagat jurnalis Indonesia?” Ia balik bertanya, ”Menurut Anda?” Kami pun tertawa terbahak-bahak.

Ria tidak tahu persis tarif menulis buku biografi orang-orang kaya itu. Tetapi, kabarnya, tarif rata-ratanya Rp 250 juta, bahkan bisa mencapai setengah miliar rupiah. Nah, bayangkan kalau seorang jurnalis setiap tahun bisa menghasilkan dua buku. Bekerja lebih mudah dengan penghasilan lebih banyak. (WIN)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.