Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengindonesiakan Musik

Kompas.com - 17/10/2011, 02:08 WIB

Tidak terhitung pergelaran musik yang melibatkan Erwin Gutawa (49). Salah satu komposer andalan Indonesia ini pun sering bekerja sama dengan Guruh Soekarnoputra yang akan mementaskan ”Petikan Pergelaran Karya Cipta Guruh Soekarnoputra”.

Erwin tersanjung mendapat kesempatan bekerja sama lagi dengan Guruh yang dianggapnya konsisten dalam seni dan budaya. ”Proyek seperti ini selalu membuat saya bangga karena selalu mengingatkan kita untuk mencintai budaya Indonesia di tengah gempuran industri hiburan,” tutur pendiri Erwin Gutawa Orchestra itu.

Seiring pengalaman tampil dengan Guruh, ayah dari penyanyi Gita Gutawa tersebut belajar bahwa jenis musik apa pun bisa ditampilkan dengan rasa Indonesia. Demikian pula dalam orkestra, meski dihadirkan dengan megah, tetap mengesankan cita rasa Indonesia. ”Kebetulan saya senang mencoba-coba,” ujarnya.

Kesukaan mencoba-coba itu untuk membedakan agar musiknya berbeda dengan yang lain. Oleh karena itu, dia menyukai cara Guruh dan menerapkannya dalam bermusik.

Apalagi bila sebuah pertunjukan bukan sekadar menghadirkan artis dan main seadanya, melainkan melalui eksplorasi terlebih dulu. ”Konsepnya mengindonesiakan musik dan berhasil karena musik kita jadi berbeda,” tambah pemusik yang pernah bergabung dengan band Karimata itu. (BEE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com