Opor Ayam, Pemikat Lidah Millane Fernandez

Kompas.com - 17/10/2011, 11:10 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejak menjadi bintang dalam Jerman Idol 2001, karier Millane Fernandez (25) sebagai penyanyi meningkat. Namun, pada 2007, perempuan yang pindah ke Jerman ketika berusia 12 tahun dan menetap di sana selama kira-kira sembilan tahun ini justru memilih pulang kampung ke tanah kelahirannya, Jakarta.

Rupanya, Millane tak bisa ke lain negeri, meskipun ia berdarah campuran Solo, Portugis, dan Jerman. "Aku ini tampangnya bule, tapi hatinya Indonesia. Aku selalu bercita-cita untuk kembali ke Indonesia karena aku lahir di Jakarta," kata Millane ketika berkunjung ke Kompas.com, Jakarta, Jumat (14/10/2011).

Namun, meninggalkan Jerman tidak berarti ia juga tak melanjutkan karier musiknya. Ia merilis dulu single "You Broke My Heart", sebelum nantinya mengerluarkan album dalam industri musik Indonesia. "Chilhood aku adanya di Jakarta, jadi aku pikir kenapa enggak sekarang berkarier di Indonesia sebelum ketuaan dan keburu nikah di Jerman," jelas adik dari artis peran dan model Nino Fernandez ini.

Millane juga tak menampik bahwa ia begitu rindu kepada masakan khas Indonesia. "Pastinya makanannya. Aku, kata orang, bule banget. Padahal, lidahku Indonesia banget, enggak ada western-western-nya," ucapnya.

Opor ayam merupakan salah satu makanan kesukaan Millane. Kegurihannya juga membuat Millane tak tahan untuk tidak segera kembali ke Jakarta. "Kadang di Jerman itu mau makan suka bingung. Mau makan ayam, semua menunya ayam itu-itu saja. Kalau di sini, ada ayam opor, semur, pasti beda-beda. Kan kita ini hidup itu pengin makan yang enak, enggak mungkin asal-asalan yang penting enak. Jadi, dari dulu itu mikir, kapan nih bisa balik ke Indonesia, makan makanan yang enak lagi," ceritanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X