Dokumenter Indonesia Menang Festival Film Internasional

Kompas.com - 01/11/2011, 21:11 WIB
EditorNasru Alam Aziz

NEW CALEDONIA, KOMPAS.com -- Film dokumenter Indonesia menang dalam Festival Film Internasional Anuu-ru Aboro di New Caledonia, Prancis, untuk kategori film dokumenter pendek. Film berjudul Heaven for Insanity (Le Ciel pour Folie) ini disutradarai oleh Dria Soetomo, produser program berita KompasTV dan diproduksi oleh ECCO Films.

Sebelumnya, film berdurasi 33 menit ini telah dipertontonkan di berbagai festival film internasional lain, seperti Rotterdam International Film Festival, IDFA Amsterdam dan Melbourne Internasional Film Festival sebagai official selection.

Pemutaran film Heaven for Insanity mendapat sambutan yang baik dari penonton yang memenuhi ruang Mediatheque, tempat pemutaran film. Sesi tanya-jawab dengan sutradara film terpaksa dilanjutkan di luar ruangan karena banyaknya pertanyaan dari para penonton.

Selain memutar film Indonesia, festival ini juga merayakan Malam Indonesia, yang diisi dengan tarian dan nyanyian oleh warga New Caledonia keturunan Indonesia. Etnis keturunan Indonesia tercatat mencapai hampir tiga persen dari total populasi.

Anuu-ru Aboro Festival International du Cinema des Peuple berlangsung 20-30 Oktober 2011 di Poindimie, Provinsi Utara, New Caledonia, wilayah seberang laut Prancis. Nama Anuu-ru Aboro merupakan bahasa suku setempat, Kanak.

Tahun ini, Festival Film Anuu-ru Aboro memutar sekitar 72 film baik fiksi maupun dokumenter, dalam kategori pendek, menengah dan panjang dari berbagai negara. Festival Film Annu-ru Aboro New Caledonia diadakan setiap tahun pada Oktober untuk memperkenal film-film internasional kepada masyarakat setempat, sekaligus mempromosikan Provinsi Utara New Caledonia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X