Nungki Kusumastuti Asyik dengan Sejarah

Kompas.com - 07/11/2011, 10:17 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- "Belajar sejarah itu ternyata mengasyikkan lho," ucap penari dan pemain film Nungki Kusumastuti di sela-sela pemutaran film berjudul Mata Tertututp garapan sutradara Garin Nugroho di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perempuan berusia 53 tahun itu rupanya sedang belajar sejarah untuk menyelesaikan program S-3 yang diikuutinya di Universitas Indonesia (UI), Depok. "Saya mengambil bidang itu (sejarah) karena di Institut Kesenian Jakarta saya mengajar tentang sejarah tari. Jadi, untuk memperluas pengetahuan, saya merasa perlu memperdalam ilmu tentang sejarah umum," ujar Nungki, yang antara lain bermain dalam film Wanita dalam Pasungan serta Rembulan dan Matahari ini.

Bagi Nungki, belajar sejarah tidak hanya untuk menyelami ilmu pengetahuan, tetapi sekaligus menikmati literatur non-fiksi dan seni. "Hampir setiap hari saya pergi ke kampus UI di Depok karena kegiatan ini memang cukup menyenangkan," ujarnya.

Walaupun sibuk belajar dan mengajar, Nungki tetap tidak meninggalkan kegiatannya dalam bidang tari. "Menari adalah sumsum tulang kehidupan saya. Makanya, dalam waktu dekat ini saya juga akan pentas tari bersama Mbak Retno Maruti di Yogaykarta dan Solo," ujar Nungki. (OSD)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.